Tutorial EASY: Input Uang Muka Pesanan Pembelian

Kembali bertemu di solusiEASY, situs resmi penyedia tutorial seputar software Easy Accounting System dan Easy Mobile. Seperti biasa, kami akan membahas sebuah tutorial yang pastinya mudah untuk Anda praktikkan. Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai cara input uang muka via pesanan pembelian.

Fitur ini berguna ketika pengguna EASY ingin membayarkan pesanan pembelian dengan memakai uang muka. Di EASY 5, pembayaran uang muka bisa dilakukan langsung dari pesanan pembelian dan jurnal umum. Nah, bagaimana langkah-langkahnya untuk melakukan pembayaran DP di pesanan pembelian? Langsung saja simak pembahasannya di sini.

Membayar Uang Muka Via Pesanan Pembelian

1. Buka software akuntansi Easy Accounting System kemudian klik Jalan Pintas lalu pilih Pesanan Pembelian.

2. Setelah masuk di Pesanan Pembelian, buat satu transaksi seperti biasa dengan mengisi Pemasok dan Nama Barang yang akan dibeli beserta jumlahnya. Setelah itu, klik Uang Muka.

klik uang muka pesanan pembelian

3. Otomatis akan masuk ke Faktur Pembelian, isi jumlah uang muka di kolom Harga Satuan. Beri tanda centang kolom Pajak jika diperlukan, kemudian bisa klik Simpan dan Keluar atau bisa melalui tombol shortcut Bayar Pemasok.

input jumlah uang muka pesanan pembelian

Klik Pratinjau jika ingin melihat print out pembayaran DP.

print out uang muka pesanan pembelian

4. Bayar transaksi uang muka tersebut dengan cara klik Pembayaran Pembelian (jika memakai opsi Simpan dan Keluar di Faktur Pembelian). Jika Anda klik Bayar Pemasok di faktur pembelian otomatis akan langsung ke Pembayaran Pembelian. Beri tanda centang di kolom bayar uang muka yang tadi dibuat, lalu klik Simpan dan Keluar.

pembayaran uang muka pesanan pembelian

5. Untuk membayar sisa pembayaran dari DP, klik Faktur Pembelian kemudian pilih Pemasok lalu masukkan No. faktur/Tagihan lalu klik Pesanan dan pilih DP yang akan dilunasi.

 

6. Setelah itu klik Jalan Pintas kemudian pilih Pembayaran Pembelian. Pilih pemasok dan akan muncul transaksi-transaksi yang belum lunas, beri tanda centang di kolom Bayar pada transaksi DP yang ingin Anda lunasi lalu klik Simpan dan Keluar.

Setelah melakukan langkah-langkah mudah di atas Anda sudah bisa input uang muka via pesanan pembelian di software akuntansi Easy Accounting System. Yang perlu diperhatikan adalah ketelitian saat penginputan, pastikan semua data dan langkahnya sudah benar.

Terus ikuti solusieasy.co.id, sebab banyak informasi dan artikel seputar software EASY 5 yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa membaca artikel-artikel yang bisa membantu Anda mengoperasikan Easy Accounting System. Tutorial cara instal hingga cara membuat formula produksi bisa dibaca di situs ini.

Easy Accounting System juga mempunyai tutorial dalam bentuk video. Video tutorial ini bisa Anda lihat di channel YouTube resmi Easy Accounting System. Menariknya lagi, Anda juga bisa request tutorial kepada tim kami. Caranya cukup mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini atau di channel YouTube Easy Accounting System.

Cukup sekian tutorial dari kami, semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi Anda pengguna Easy Accounting System. Sampai berjumpa kembali di tutorial-tutorial berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *