Tutorial EASY: Membuat Formula Produksi

Kembali bertemu dengan tutorial dari software akuntansi Easy Accounting System. SolusiEASY akan terus memberi Anda tip dan trik seputar pemakaian fitur Easy Accounting System. Kali ini yang akan dibahas adalah salah satu fitur di modul manufaktur. Setelah pernah membahas tutorial penanggung jawab produksi dan kategori formula produk, kali ini yang akan dibahas adalah formula produksi.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat formula produksi yang disertai dengan gambar agar memudahkan pengguna EASY. Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini:

Cara Membuat Formula Produksi

1. Buka software akuntansi Easy Accounting System, lalu pilih Modul Utama kemudian Manufaktur, terakhir klik Formula Produk.

2. Buat formula produk baru, caranya klik tombol Baru (+) yang ada di bagian kiri bawah.

3. Isilah kolom-kolom di dalamnya sesuai dengan kebutuhan Anda, isi kolom sesuai dengan petunjuk yang ditandai dengan alfabet di gambar:

a. Nomor formula diisi sesuai dengan urutan yang diinginkan oleh pengguna EASY.

b. Klik kategori produk lalu akan muncul beberapa kategori produk yang sudah ada, lalu pilihlah kategori apa yang akan dibuat dalam formula ini.

c. Isilah deksripsi formula sesuai dengan nama barang yang formulanya akan dibuat.

d. Jangan lupa untuk memberi ceklis pada kolom “Rerefensi Produk”.

e. Isi Deskripsi Produk dengan cara mengklik logo, lalu pilihlah Barang Jadi hasil dari formula yang ingin dibuat pada formula, sebagai contoh adalah Meja Makan.

f. Isi Jumlah produksi yang dihasilkan dalam formula ini, sebagai contoh formula produksinya adalah “1 Pcs Meja Makan”.

g. Tanggal di sini berarti tanggal formula itu dibuat.

4. Klik dua kali pada kolom No. Bahan, lalu cari barang yang ingin dijadikan bagian dari komposisi Meja Makan. Masukkan Kts (Kuantitas) yang diperlukan dalam proses produksi, setelah itu klik dua kali di nomor barang lagi jika ada barang lain yang diperlukan.

Itulah langkah-langkah untuk membuat formula produksi di software akuntansi Easy Accounting System. Semoga tutorial ini dapat menjadi panduan dan berguna untuk semua pengguna EASY. Jika ada yang kurang jelas atau pertanyaan silakan ketikkan di kolom komentar.

Jika ingin melihat video tutorial Easy Accounting System, silakan kunjungi channel YouTube resminya. Di sana Anda akan menemukan video tutorial maupun video informatif seputar Easy Accounting System. Sekian tutorial dari solusiEASY, sampai jumpa di tutorial lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *