Tutorial EASY: Input Retur Pembelian (Langkah Lanjutan)

Software akuntansi Easy Accounting System selalu berkomitmen kepada pengguna dan konsumen. Fitur yang user friendly dan pelayanan support yang baik terus diberikan oleh Easy Accounting System. Salah satu layanan support yang disediakan adalah dengan artikel tutorial. Dan salah satunya adalah artikel ini yang akan membahas langkah lanjutan input retur pembelian.

Sebelum menuju ke tutorial, akan dijelaskan terlebih dulu fungsi dari fitur lanjutan flow transaksi retur pembelian tersebut. Fitur ini berfungsi jika kita telah menginput retur pembelian dan mempunyai  kasus, seperti barang yang kita beli ditukar dengan yang baru, atau mengurangi hutang kita untuk invoice yang akan datang. Nah, setelah mengetahui fungsinya, mari kita langsung menuju tutorialnya.

Input Retur Pembelian (Langkah Lanjutan)

1. Buka software Akuntansi Easy Accounting System, lalu buka Retur Pembelian. Contoh kasus pertama jika kita refund uang yang senilai dengan hasil retur. Setelah kita menginput retur di atas, efek dari hasil inputan retur pembelian akan mempengaruhi penerimaan penjualan menjadi minus.

2. Langkah selanjutnya, masuk ke modul Faktur Pembelian untuk membuat transaksi pembelian seperti biasa agar stok bertambah.

3. Isi kolom pemasok dengan klik dan pilih Nama Pemasok, isi kolom Nomor Faktur dan Tanggal Faktur yang sesuai. Lalu kalian bisa double klik pada Nomor Barang untuk memilih item barang yang ditukar, dan nilai barang yang ditukar dengan nilai barang yang ada di retur di atas sama.

4. Langkah selanjutnya kita masuk ke modul pembayaran pembelian.

5. Pilih pemasok, lalu isi kolom bank  dan sesuaikan dengan banknya, kemudian ceklis bayar. Nilai yang berada pada jumlah pembayaran akan menjadi minus dan kita mempunyai tagihan baru, lalu kita ceklis keduanya agar jumlah pembayarannya menjadi nol sehingga hutangnya dianggap lunas.

Keterangan: Jika faktur pembeliannya mempunyai perbedaaan nilai dengan nilai yang diretur, maka pada saat pembayaran pembeliannya cara penginputannya sama namun bisa jadi lebih/kurang bayar, tergantung pada kasus yang ada.

Demikian tutorial dari kami, semoga tutorial ini bisa berguna bagi Anda. Terus ikuti situs ini untuk mendapat tutorial terbaru dari Easy Accounting System. Anda juga bisa membaca artikel lain seputar Easy Accounting System, misalnya mengenai cara impor transaksi. Anda juga bisa melihat video tutorial seputar penggunaan software akuntansi Easy Accounting System. Silakan kunjungi laman resmi YouTube Easy Accounting System untuk melihatnya.

Sampai jumpa di artikel-artikel tutorial berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *