Tutorial EASY: Flow Transaksi Rumah Sakit Swasta dengan EASY 5

Berjumpa lagi dengan tutorial dari solusieasy.co.id dan kali ini akan kembali diberikan sebuah artikel yang akan berguna untuk Anda semua. Pada artikel terdahulu telah dijelaskan mengenai flow transaksi di rumah sakit (negeri). Kali ini akan diberikan kasus yang sedikit berbeda yaitu flow transaksi di rumah sakit swasta.

Apa yang membedakan antara flow transaksi rumah sakit negeri dengan swasta? Perbedaannya terletak di sistem deposit yang diterapkan pada rumah sakit swasta. Lalu bagaimanakah flow transaksinya, simak tutorialnya di bawah ini.

Flow Transaksi Rumah Sakit Swasta dengan Deposit

Faktur Penjualan

Persiapan awal masih sama dengan transaksi rumah sakit sebelumnya yaitu data barang dan data departemen. Yang berbeda adalah sistem deposit. Dan di dalam program Easy Accounting System terdapat satu fitur yang memungkinkan pasien/ keluarga pasien membayar deposit dahulu sebelum pasien dirawat. Berikut adalah langkah-langkahnya: Klik Faktur Penjualan lalu isi Kolom Pelanggan  kemudian isi No. Faktur. Setelah itu masukkan Item Barang yaitu Dana Deposit dan isi nominalnya. Lalu klik Pratinjau untuk lihat Nota/ Fakturnya. Terakhir klik Terima Pembayaran jika Dana Deposit sudah diterima.

Setelah selesai proses perawatan, pada saat pelunasan lakukan input kembali dengan customer yang sama dan input Item Barang/Jasa yang sejauh ini sudah digunakan. Urutan langkahnya masih sama seperti di atas, seperti ini contohnya:

Dana deposit senilai Rp. 7.000.000,- dengan total keseluruhan biaya adalah Rp. 10.426.000,-, jadi ada kekurangan Rp. 3.426.000,-. Proses Inputnya agar Dana Deposit tersebut bisa masuk ke dalam tagihan adalah sebagai berikut:

Klik kolom Uang Muka kemudian klik tanda panah pada tombol Pesanan lalu pilih Uang Muka. Pilih dan beri tanda centang (v) Dana Deposit yang sebelumnya sudah pernah dibuat dan dibayarkan.

Langkah-langkah di atas dilakukan ketika ada nilai kekurangan yang harus dibayarkan. Jika kasusnya ada kelebihan bayar, misalnya Dana Deposit Transaksi di atas bukan Rp. 7.000.000,- tapi Rp. 12.000.000,- , maka akan ada sisa dari Dana Deposit yang sudah dibayarkan harus dikembalikan kepada Customer.

Langkahnya sama persis dengan langkah di atas sampai dengan langkah Terima Pembayaran ketika tagihan keseluruhan keluar:

Hasil akhir nilai pada jumlah pembayarannya akan minus (-), artinya nilai dari Dana Deposit yang harus dikembalikan kepada Pasien/Keluarga Pasien adalah sebesar hasil akhir tersebut.

Demikianlah flow transaksi RS swasta dengan sistem deposit yang dilakukan dengan software Easy Accounting System. Semoga artikel ini dapat membantu Anda para pengguna EASY. Artikel ini juga tersedia dalam versi video, kunjungi channel YouTube resmi Easy Accounting System untuk melihatnya.

Anda juga bisa request kepada tim solusiEASY, caranya cukup ketikkan request Anda di kolom komentar website ini atau di channel YouTube. Sekian tutorial dari solusiEASY, sampai jumpa di tutorial lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *