Tutorial EASY: Flow Transaksi Rumah Sakit dengan EASY 5

Easy Accounting System merupakan sebuah software akuntansi yang cocok digunakan oleh semua jenis usaha dan perusahaan di Indonesia. Mulai dari level UKM hingga pabrik transaksi keuangannya bisa disupport secara maksimal oleh Easy Accounting System. Hal ini dibuktikan dengan konsumen-konsumen EASY yang berasal dari beragam level dan jenis usaha. Dan kali ini solusiEASY akan memberikan tutorial flow transaksi rumah sakit dengan EASY 5.

Penasaran bagaimana flow transaksi rumah sakit digarap dengan software akuntansi EASY 5? Baca pembahasannya di tutorial di bawah ini.

Flow Transaksi Rumah Sakit Memakai EASY 5

Persiapan Awal

Sebelum mulai membuat transaksi ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu data barang dan departemen. Data barang tersebut terdiri dari 2 tipe yaitu yaitu tipe barang Inventory untuk obat-obatan, perban, atau barang-barang yang berhubungan dengan stok dan tipe barang Service untuk jasa-jasa yang tersedia di rumah sakit.

Yang kedua adalah data departemen yang berguna untuk mengetahui dan mengelompokkan biaya dan pendapatan sehingga bisa diketahui laporan laba rugi per departemen.

Data terakhir yang perlu dipersiapkan adalah data pasien, di bawah ini adalah contohnya.

Faktur Penjualan

Langkah-langkah untuk membuat faktur penjualan yaitu: Kik Modul Penjualan lalu pilih Faktur Penjualan, kemudian isi kolom Pelanggan, No. Faktur dan Item Barang/Jasa apa saja yang akan dibayar oleh pelanggan tersebut. Isi Harga lalu isi kolom Departemen. Klik Pratinjau (untuk Print Nota/Faktur) lalu klik Terima Pembayaran (ketika sudah menerima pembayaran).

Pembayaran Lainnya

Untuk mencatat biaya yang keluar dari rumah sakit dapat diinput di Pembayaran Lainnya. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

Laporan per Departemen

Untuk mengetahui laporan per Departemennya caranya adalah: klik Laporan pilih Semua Laporan kemudian Laporan Departemen terakhir klik Laba Rugi Multi Departemen.

Dan laporannya akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Demikianlah flow transaksi di rumah sakit dengan memakai software akuntansi Easy Accounting System. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda semua.  Terus ikuti solusieasy.co.id, sebab banyak informasi dan artikel seputar software EASY 5 yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa membaca artikel-artikel yang bisa membantu Anda mengoperasikan Easy Accounting System. Tutorial cara instal hingga cara membuat formula produksi bisa dibaca di situs ini.

Easy Accounting System juga mempunyai tutorial dalam bentuk video. Video tutorial ini bisa Anda lihat di channel YouTube resmi Easy Accounting System. Menariknya lagi, Anda juga bisa request tutorial kepada tim kami. Caranya cukup mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini atau di channel YouTube Easy Accounting System.

Cukup sekian tutorial dari kami, semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi Anda pengguna Easy Accounting System. Sampai berjumpa kembali di tutorial-tutorial berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *