Tutorial EASY: Flow Transaksi Perusahaan Kelapa Sawit

Easy Accounting System adalah software akuntansi yang kaya fitur inovatif dan bisa digunakan untuk beragam level dan jenis perusahaan. Di artikel tutorial ini akan ditunjukkan flow transaksi perusahaan kelapa sawit. Dengan artikel ini kami berharap bisa membantu Anda para pengguna dan calon pengguna EASY yang punya usaha perkebunan kelapa sawit.

Artikel ini akan menjelaskan beragam transaksi yang ada di perusahaan kelapa sawit memakai fitur-fitur Easy Accounting System. Dan seperti biasanya, artikel ini akan dilengkapi dengan arahan yang disertai gambar untuk membantu Anda semua saat mempraktikkannya. Silakan baca langkah-langkahnya di bawah ini:

Flow Transaksi Perusahaan Kelapa Sawit

Persiapan Master Data

1. Buat master data terlebih dulu antara lain dari daftar barang, daftar pelanggan, pemasok dan daftar proyek. Untuk membuat barang caranya klik Modul Utama kemudian pilih Persediaan lalu klik Barang. Sedangkan untuk membuat pelanggan, pemasok, dan proyek caranya klik Master Data lalu pilih Pelanggan/Pemasok/Proyek. Berikut ini adalah contoh gambarnya, pastikan keterangan-keterangannya sama dengan contoh gambar.

barang

Pelanggan.

Pemasok.

Transaksi Pembelian Perusahaan Kelapa Sawit

Sebagai contoh akan dilakukan pembelian pupuk dan pestisida. Berikut ini adalah tahapannya:

1. Klik Jalan Pintas lalu klik Faktur Pembelian untuk membuat transaksi pembeliannya. Ikuti petunjuk dalam bentu panah dan angka pada gambar berikut ini.

2. Transaksi ini dibuat ketika mempunyai transaksi pembelian dan efek dari transaksi ini untuk menambahkan saldo stok item dan efeknya juga menambah saldo hutang pada pemasok yang bersangkutan. Saat ingin membayar hutang atas transaksi yang telah dibuat, klik Jalan Pintas lalu masuk ke modul Pembayaran Pembelian berikut adalah langkah-langkahnya.

Pengguna bisa pilih pemasok yang sama agar tagihan yang berkaitan muncul di modul pembayarannya, lalu pilih tanggal dan bank dari bank mana kita membayar transaksi tersebut. Lalu ceklis bayar di tanda panah nomor 4, lalu sesuaikan jumlah pembayarannya di tanda panah nomor 5. Jika pembayaran cash bisa langsung simpan transaksi tersebut. Namun, jika pembayarannya secara kredit maka harus diubah pada kolom jumlah pembayarannya, setelah itu klik Simpan dan Keluar.

Pembiayaan Pesanan Perusahaan Kelapa Sawit

Transaksi ini digunakan untuk sistem kalkulasi biaya berdasarkan pesanan di mana biaya yang dikumpulkan akan dibebankan ke unit produksi atau dialokasikan ke biaya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Transaksi di bawah ini seperti transaksi manufaktur item yang telah diinput di atas dan bisa dianggap sebagai bahan baku atau barang yang perlu digunakan dalam proses produksi. Pada langkah terakhir harus simpan transaksi tersebut terlebih dahulu baru bisa klik Finishing, lalu klik Selanjutnya seperti pada tanda panah nomor 5.  Setelah melakukan langkah di atas klik tombol Sebelumnya.

2. Setelah klik finishing, alokasikan biaya yang diperoleh dari item yang telah diinput di atas ke akun TBM (Tanaman Belum Menghasilkan). Akun ini digunakan hanyauntuk  akun silang atau akun perantara karena tanaman yang dipunyai belum menghasilkan apapun atau belum siap panen. Berikut adalah langkah-langkah setelah finishing.

3. Jadi di sini prosesnya masih penanaman bibit dan akan dialokasikan ke tipe penyelesaian ke akun memakai akun TBM (Tanaman Belum Menghasilkan ) dan proyek yang bersangkutan. Setelah proses penanaman bibit ini selesai tanaman sudah bisa menghasilkan hasil panen, maka harus melakukan Pembiayaan Pesanan ulang untuk mengalokasikan jumlah yang berada pada akun TBM tersebut ke barang jadinya, berikut adalah langkah-langkahnya. Pertama, cek jumlah saldo akun perantara dengan klik Modul Utama lalu Buku Besar kemudian klik Daftar Akun.

4. Lalu masuk kembali ke modul pembiayaan pesanan untuk mengalokasikan akun tersebut. Jika sebelumnya menginput item Pupuk & Pestisida, kali ini akan mengalokasikan biaya yang berada pada akun TBMnya. Jika di pembiayaan pesanan awal pada saat penanaman bibit tadi memakai tipe penyelesaian ke akun. Kali ini memakai tipe penyelesaian ke barang karena sudah mendapatkan hasil panen yaitu kelapa sawit. Lalu tentukan tanggal dan pilih item apa yang diterima pada tanda angka nomor 3 dan tentukan juga jumlah yang diterima pada tanda nomor 4 dan proyeknya juga harus dicantumkan agar bisa melihat laba rugi project tersebut, lalu simpan transaksi tersebut.

Penyesuaian Barang Perusahaan Kelapa Sawit

Kali ini akan masuk ke transaksi penyesuaian barang, caranya klik Jalan Pintas lalu klik Penyesuaian Barang. Contoh kasusnya, pada tanggal tersebut ternyata mendapatkan buah kelapa sawit yang tidak layak pakai jadi stok tersebut akan dikeluarkan dan membebankan stok tersebut sebagai biaya kerugian berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Tentukan tanggal berapa dikeluarkannya stok tersebut dari gudang. Lalu pilih akun biaya atau hpp yang sesuai dengan yang diinginkan, lalu pilih item yang ingin dikeluarkan seperti pada nomor 2 dan tentukan Qty barunya, jadi yang diisi pada kolom nomor 3 itu adalah sisa stok tersebut. Seperti contoh di atas ada stok kelapa sawit 1000 kg lalu ingin dikeluarkan 100 yang tidak bisa digunakan lagi, maka harus input sisa dari kelapa sawit yang ada dan tentukan juga proyek tersebut lalu simpan.

Pembayaran Lainnya Perusahaan Kelapa Sawit

Selanjutnya akan masuk ke modul pembayaran lainnya, modul ini digunakan untuk menginput kebutuhan-kebutuhan operasional kantor pada umumnya, seperti biaya gaji, biaya lembur. biaya bahan bakar, dll. Caranya bisa klik Jalan Pintas kemudian pilih Pembayaran Lainnya.

Tentukan tanggal pengeluaran biaya tersebut, lalu pilih bank untuk menentukan dari bank mana pembayaran biaya tersebut dan pilih akun yang sesuai dengan kebutuhan biaya yang diperlukan dan tentukan jumlah biayanya, lalu jangan lupa untuk menentukan proyeknya.

Faktur Penjualan Perusahaan Kelapa Sawit

Saat ada penjualan kelapa sawit ke pelanggan, bisa menggunakan faktur penjualan. Caranya, klik Jalan Pintas lalu pilih Faktur Penjualan. Input penjualan sesuai dengan langkah-langkah di bawah ini, dalam setiap transaksi tentukan project yang bersangkutan agar laba rugi bisa diketahui atau dicari per proyek.

Penerimaan Penjualan Perusahaan Kelapa Sawit

Jika ada pelanggan yang membayar kelapa sawit, input di penerimaan pembelian. Caranya, klik Jalan Pintas lalu pilih Penerimaan Pembelian. Tentukan pelanggan yang membayar lalu sesuaikan tanggal penerimaan uang tersebut, lalu pilih uang yang dibayar dari pelanggan apakah masuk ke bank atau kas. Lalu ceklis bayar pada tanda angka 4 dan sesuaikan jumlah pembayarannya jika pembayarannya secara partial.

Laporan Perusahaan Kelapa Sawit

Setelah semua transaksi diatas telah diinput, output dari semua transaksi ini adalah laporannya. Di bawah ini akan ditunjukkan laporan laba rugi dari hasil transaksi di atas. Laporan laba rugi di sini dilihat sesuai proyek yang telah dicantumkan di masing-masing transaksi. Caranya klik Laporan lalu pilih Semua Laporan kemudian pilih Laporan Proyek terakhir pilih Laba / Rugi Per Proyek. Pilih rentang tanggal ingin dilihat lalu pilih juga proyek apa ingin dilihat, berikut adalah contoh gambarnya.

Demikianlah tutorial mengenai flow perusahaan kelapa sawit memakai software akuntansi Easy Accounting System. Semoga tutorial ini bisa membantu dan memudahkan Anda dalam memakai Easy Accounting System. Tutorial ini juga tersedia dalam bentuk video dengan judul yang sama. Anda bisa melihatnya di channel YouTube resmi Easy Accounting System.

Sampai bertemu kembali di artikel dan tutorial Easy Accounting System lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *