Tutorial EASY: Flow Perusahaan Pariwisata

Software akuntansi Easy Accounting System cocok digunakan untuk semua perusahaan. Beragam level dan jenis perusahaan dapat didukung dengan 4 varian yang dimiliki oleh EASY (Trading, Project, Platinum, dan Enterprise). Pada tutorial sebelumnya telah dibahas flow transaksi di perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor dan kelapa sawit. Kali ini solusiEASY akan memberikan sebuah tutorial tentang flow perusahaan pariwisata.

Di dalam tutorial ini akan ditunjukkan mengenai bagaimana cara mengolah transaksi-transaksi perusahaan bidang pariwisata dengan Easy Accounting System. Jadi, Anda bisa melihat bagaimana mudah dan simpelnya melakukan flow transaksi perusahaan pariwisata dengan software EASY. Untuk itu, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Flow Lengkap Perusahaan Pariwisata

Membuat Department

Pertama-tama yang diperlukan dalam Perusahaan Pariwisata adalah membuat department. Nama Department pada kasus kali ini adalah Nama Tour Guide. Tujuannya adalah untuk mengetahui laba atau rugi tiap tour guide. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buat master data seperti biasa, klik Master Data kemudian Departemen. Isi detail-detail di dalamnya, hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Faktur Penjualan

Jika ada konsumen yang ingin mengambil paket wisata selama 3 hari, pengguna EASY bisa memakai Faktur Penjualan. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Pilih Jalan Pintas lalu klik Faktur Penjualan.

2. Input transaksi yang diperlukan dengan mengisi: Nama Pelanggan, No Faktur, Tgl Faktur. Lalu klik 2 kali di Nomor Barang, isi paket wisata yang diinginkan, setelah itu isi Harga Satuan Paket Wisata. Jangan lupa isi department dengan memilih nama Tour Guide, lalu isi deskripsi jika perlu. Terakhir klik Simpan dan Keluar.

Penerimaan Penjualan

Setelah itu konsumen yang memesan paket wisata tersebut pasti akan membayarnya. Untuk transaksi ini gunakan Penerimaan Penjualan, klik Jalan Pintas kemudian pilih Penerimaan Penjualan. Setelah masuk ke Penerimaan Penjualan, lalu isilah Nama Pelanggan, Nomor Formulir, Tgl Penerimaan, Tgl Cek, Bank. Kemudian klik Simpan dan Keluar. Lihat gambar di bawah ini.

Pembayaran Lainnya

Selama proses wisata berlangsung, terdapat biaya-biaya yang dikeluarkan untuk wisata tersebut. Anda wajib mencatatnya sebagai biaya atas department tersebut, caranya klik Jalan Pintas lalu pilih Pembayaran Lainnya. Pilih dibayar dari Bank/Kas mana, isi Nomor Pembayaran dan Tanggal, klik 2 kali di Nomor Akun. Lalu pilihlah akun biaya yang sesuai dengan biaya dalam proses wisata. Berikut ini adalah contoh biaya-biaya yang ada selama proses wisata.

Laporan Laba Rugi

Setelah menginput semua transaksi yang berkaitan dengan operasional wisata, Anda dapat melihat laporan laba ruginya. Berikut ini adalah caranya:

1. klik Laporan lalu Semua Laporan, kemudian pilih Laporan Department dan terakhir klik Laporan Laba/Rugi per Department.

2. Lalu pilih Periode dan Department yang ingin dimunculkan laporan laba ruginya.

Berikut ini adalah laporan laba ruginya:

Jurnal Umum

Jika terdapat biaya operasional harian kantor yang tidak terkait dengan operasional wisata, Anda tetap dapat mengisi biaya tersebut melalui pembayaran lainnya seperti cara di atas. Selain cara di atas bisa juga diinput melalui jurnal umum.
Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya: Pilih Jalan Pintas klik Jurnal Umum, kemudian isi No jurnal, Tgl Jurnal, klik dua kali di nomor akun lalu pilihlah akun yang terkait dan terakhir klik Simpan dan Keluar.

Laporan Laba Rugi Keseluruhan

Jika pengguna EASY sekalian ingin melihat hasil laporan dari Laba/Rugi Keseluruhan atas operasional perusahaan dapat memakai cara ini:

1. Klik Laporan lalu pilih Semua Laporan setelah itu klik Laporan Laba/Rugi (Standar).

2. Tentukan periode yang ingin dilihat lalu klik OK.

3. Hasil laporan akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah seluruh flow transaksi di perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata memakai software akuntansi Easy Accounting System. Mulai dari membuat departemen hingga melihat laporan laba rugi dari keseluruhan transaksi dapat dilakukan dengan mudah di software EASY 5.

Artikel ini juga tersedia dalam versi video, Anda bisa melihatnya di channel YouTube resmi kami. Di channel tersebut ada banyak video baik tutorial, promosi, maupun berita seputar Easy Accounting System yang bisa Anda lihat. Dan jangan lupa untuk subscribe agar selalu update dengan video-video terbaru dari Easy Accounting System.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *