Tutorial EASY: Flow Perusahaan Forwarding dengan EASY 5

Easy Accounting System adalah software akuntansi yang penuh inovasi. Selain inovasi, software EASY juga cocok digunakan untuk berbagai jenis dan skala usaha. Di dalam tutorial ini akan ditunjukkan penggunaan software akuntansi EASY di sebuah perusahaan. Secara spesifik, tutorial kali ini akan menunjukkan flow perusahaan forwarding dengan EASY 5.

Dengan tutorial ini solusiEASY ingin menunjukkan bagaimana penggunaan fitur-fitur di dalam Easy Accounting dipakai dalam transaksi perusahaan forwarding. Selain itu akan ditunjukkan juga output dari flow ini dan laporan-laporan apa saja yang penting untuk perusahaan forwarding. Kami berharap tutorial ini bisa membantu Anda yang mempunyai perusahaan di bidang forwarding. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak tip dan triknya di bawah ini.

Flow Perusahaan Forwarding dengan EASY 5

Flow kali ini akan memakai kasus di mana perusahaan A mendapatkan permintaan pengiriman barang dari konsumen X untuk mengeluarkan barangnya dari Pelabuhan Tanjung Priok dan mengirimkannya ke pergudangan di Cikarang.

Membuat Project

Project dibuat untuk mengetahui laba atau rugi dari transaksi pengiriman ini, untuk membuatnya berikut ini tahapannya:

1. Klik Master Data kemudian pilih Proyek.

2. Setelah masuk ke proyek, klik Baru. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian isi No. Proyek dan Nama Proyek lalu klik Simpan dan Keluar.

Membayar Biaya dengan Pembayaran Lainnya

Setelah membuat proyek, catatlah biaya-biaya yang ada di dalam pengiriman barang tersebut, jangan lupa pilihlah proyek yang berkaitan dengan transaksi tersebut. Lihat contoh di bawah ini.

1. Klik Jalan Pintas kemudian pilih Pembayaran Lainnya.

2. Lalu isilah sesuai dengan transaksi yang ada sebagai contoh biaya yang terkait di dalam pengiriman tersebut adalah biaya gaji pengiriman, biaya bahan bakar, parkir, tol pengiriman, dan biaya tak terduga (lain-lain). Sedangkan biaya untuk pengurusan pengeluaran barang itu sendiri terdiri dari biaya broker, biaya surat-surat kelengkapan.

Caranya, pilihlah biaya tersebut dibayar dengan bank apa, lalu isi nomor pembayaran dan tanggal pembayaran. Isi akun-akun biaya dengan nilai yang tertera, jangan lupa isi proyek masing-masing dan berilah keterangan di deskripsi jika menurut pengguna EASY itu perlu, terakhir klik Simpan dan Keluar.

Faktur Penjualan Perusahaan Forwarding

Setelah barang dalam pengiriman, perusahaan A akan menagihkan jasanya terhadap konsumen X, maka buatlah invoice penjualan atas transaksi tersebut.

1. Caranya klik Jalan Pintas lalu pilih Faktur Penjualan.

2. Input transaksi yang diperlukan dengan mengisi: Nama Pelanggan, No Faktur dan Tanggal Faktur. Lalu isi jasa yang dihasilkan, klik 2x di Nomor Barang kemudian isi Nilai Pengiriman dan Pengeluaran Barang. Jangan lupa pilihlah projectnya, isi deskripsi jika perlu. Terakhir klik Simpan dan Keluar.

Penerimaan Penjualan Perusahaan Forwarding

1. Masuk ke Jalan Pintas lalu Penerimaan Penjualan, kemudian isi Nama Pelanggan, Nomor Formulir, Tanggal Penerimaan, Tanggal Cek, Bank dan No Invoice yang dibayarkan.

Dengan melakukan rangkaian penginputan di atas transaksi-transaksi yang ada di perusahaan forwarding telah selesai. Tahap selanjutnya adalah melihat laporan laba dan ruginya.

Laporan Laba Rugi Perusahaan Forwarding

Untuk melihat laporan laba rugi caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Klik Laporan pilih Semua Laporan setelah itu Laporan Keuangan, terakhir klik Laba Rugi (Standar).

2. Pilih periode laporan yang diinginkan.

Berikut adalah bentuk laporan laba rugi standar.

Jika Anda ingin mengetahui laba rugi per project berdasarkan transaksi yang tadi dibuat, caranya pilih Laporan lalu klik Semua Laporan kemudian Laporan Project terakhir pilih Laporan Multi Project (NEW).

Pilih periode laporan yang ingin dilihat dengan cara mengatur tanggal.

Berikut hasil dari laba/rugi multi proyek, dan dapat dilihat bahwa proyek Pengiriman Tj. Priok – Cikarang lebih menguntungkan daripada pengeluaran barang Tj. Priok.

Dari laporan di atas dapat dianalisa proyek-proyek mana saja kah yang menguntungkan untuk perusahaan dan proyek mana yang menghasilkan laba yang rendah atau menyebabkan sebuah kerugian.

Demikianlah flow transaksi perusahaan forwarding sekaligus laporannya pada software akuntansi Easy Accounting System. Tutorial ini juga tersedia dalam versi video, untuk melihatnya silakan kunjungi channel Easy Accounting System di YouTube.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *