Tutorial EASY: Cara Modifikasi Laporan (Bagian 2)

Kembali lagi di tutorial dari solusieasy.co.id, situs resmi Easy Accounting System yang menyediakan tutorial, tip, dan trik seputar software EASY. Pada tutorial kali ini yang akan dibahas adalah mengenai laporan. Tepatnya cara untuk modifikasi laporan. Tutorial ini merupakan lanjutan cara modifikasi laporan yang sebelumnya sudah dibahas.

Sebelum menuju ke tutorial, akan dijelaskan secara singkat apa fungsi memodifikasi laporan tersebut. Fitur ini berfungsi untuk mengubah laporan sesuai yang kita inginkan dan modifikasi laporan ini lebih mengarah kepada tampilan. Misalnya jenis font, ukuran font dan lain-lain.

Cara Modifikasi Laporan (Bagian 2)

1. Pertama, buka laporan yang sudah dimodifikasi sebelumnya, klik Laporan – Semua Laporan – Laporan Tersimpan. Kemudian pilih laporan yang Anda ingin modifikasi.

2. Setelah membuka laporannya klik Modifikasi, lalu masuk ke bagian kolom Numbers, di dalam numbers ini Anda bisa setting tampilan angka dan format tanggal. Setting kolom tanggal pada kotak pertama lalu yang paling sering digunakan adalah setting Decimal Place dengan angka 0 jika tidak ingin ada angka di belakang koma. Lalu di bagian bawah ada negative number, angka negative ini akan keluar jika ada transaksi seperti retur penjualan.

3. Setelah itu masuk ke kolom Header/Footer untuk menu ini digunakan untuk merubah tampilan bagian judul dan bagian bawah dari laporannya. Pada tampilan kolom ini bisa diatur sesuai dengan keinginan, jika menghilangkan tanda ceklis pada kolom kecil tersebut maka bagian header dan footer itu tidak akan muncul. Pada kotak Company Name & Report Title dapat diubah sesuai perusahaan Anda dengan mengisi kotak tersebut.

4. Selanjutnya masuk ke Setup/fonts, pada kolom ini Anda bisa mengatur font, ukuran, margin, dan lain-lain. Pengguna Easy Accounting System bisa mengganti setting per baris, contohnya seperti pada tanda angka nomor 1 yaitu nama perusahaannya. Klik dulu pada baris company baru bisa mengganti ukuran, font, dan lain-lain pada bagian sebelah kanan gambar di atas. Jadi pengguna tidak bisa mengubah sekaligus di setiap baris yang sudah ditandai nomor di atas.

Demikianlah langkah untuk modifikasi laporan di Easy Accounting System. Terus ikuti solusieasy.co.id, sebab banyak informasi dan artikel seputar software EASY 5 yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa membaca artikel-artikel yang bisa membantu Anda mengoperasikan Easy Accounting System. Tutorial cara instal hingga cara membuat formula produksi bisa dibaca di situs ini.

Easy Accounting System juga mempunyai tutorial dalam bentuk video. Video tutorial ini bisa Anda lihat di channel YouTube resmi Easy Accounting System. Menariknya lagi, Anda juga bisa request tutorial kepada tim kami. Caranya cukup mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini atau di channel YouTube Easy Accounting System.

Cukup sekian tutorial dari kami, semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi Anda pengguna Easy Accounting System. Sampai berjumpa kembali di tutorial-tutorial berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *