Tutorial EASY 5: Menambah Barang Baru

Halo, pengguna Easy Accounting System semuanya! Kembali bertemu dengan solusi EASY, kali ini kami akan kembali memberi Anda tip dan trik seputar EASY 5. Kali ini saya akan membahas cara melakukan Cara Menambah Barang Baru.

sebelum menuju ke tutorial, akan dijelaskan secara singkat apa fungsi Cara Menambah Barang Baru tersebut, fitur ini berfungsi menambah daftar persediaan barang yang kita punya dan tidak Cuma barang kita juga bisa mendaftarkan jasa-jasa yang biasa ditagihkan oleh vendor kita atau jasa yang kita jual.  Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

1. Buka software akuntansi Easy Accounting System, klik Modul Utama lalu pilih Persediaan, kemudian pilih Barang lalu klik Baru.

2. Isi kolom-kolom di dalam menu barang sesuai dengan kebutuhan, ikuti petunjuk pada gambar di bawah ini yang ditunjukkan dengan tanda panah dan nomor berikut:

1. Tipe barang: tipe barang terbagi menjadi tiga pilihan yaitu:

a. Inventory Part: adalah barang-barang yang dianggap sebagai persediaan atau artinya barang-barang yang stoknya berada pada gudang.

b. Non Inventory Part: untuk barang-barang konsumsi atau barang-barang habis pakai atau bisa juga jasa yang biasa ditagih.

c. Service : adalah jasa yang ditawarkan dan yang dijual.

Perbedaan non inventory part dan service terletak pada modulnya, non inventory part bisa digunakan di modul pembelian dan modul penjualan, sedangkan service hanya bisa digunakan di modul penjualan.

2. Tipe persediaan mempunyai lima tipe, masing-masing menentukan barang itu akan masuk ke kategori yang mana. Tip untuk yang mempunyai barang jadi tapi masih bisa produksi diwajibkan masuk ke tipe barang setengah jadi (jika memakai varian enterprise).

3. Untuk kategori barang, pengguna bisa menentukan penamaannya sendiri. Jika ingin menambah kategori barang baru caranya: Modul Utama – Persediaan – Kategori Barang.

4. Sub barang dari berfungsi untuk mencari induk barang sehingga barang yang disimpan ke daftar barang menjadi per kelompok sesuai induk barang yang telah kita tentukan, seperti gambar pada langkah nomor satu. Jika kalian ingin menambah induk barang baru kalian ikuti langkah yang sama seperti artikel ini pembedanya adalah Sub Barang Dari Tidak Usah Dicentang.

5. a. No Barang diisi dengan kode barang yang ingin dibuat.

b. Deskripsi 1 & 2 diisi dengan nama barangnya.

Catatan: Jika kpengguna mempunyai lebih dari satu gudang, bisa ditentukan gudang default barang ini ada di mana (biasanya barang ini dari gudang yang mana). Fungsinya agar di setiap transaksi yang berkaitan dengan barang tersebut akan otomatis mencari gudang yang telah disetting.

Pada kolom detail:

a. Di informasi penjualan pengguna bisa menentukan harga jual satuan barang agar pengguna tidak perlu repot-repot menentukannya lagi pada saat transaksi, lalu kode pajak untuk kalian yang sudah PKP (Pengusaha Kena Pajak).

b. Di Informasi persediaan pengguna bisa mengisi satuan barang. Jika memiliki satuan yang lebih besar, pengguna bisa klik logo kaca pembesar yang berada pada kolom satuan, kemudian bisa mengisi unit 2 dan rasio ke 2 nya.

3. Langkah ketiga, masuk ke kolom akun standard untuk menentukan akun-akun yang sesuai dengan apa yang telah ditambah. Setelah menentukan akun standardnya, kemudian klik Simpan dan Keluar.

Demikianlah cara untuk menambah barang baru, semoga tutorial ini bisa berguna dan membantu Anda semua. Anda bisa membaca tutorial lainnya di dalam situs ini, mulai dari cara impor transaksi dari Excel hingga cara membuat formula produksi. Atau Anda bisa juga melihat tutorial dalam bentuk video di channel YouTube resmi Easy Accounting System.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *