Tutorial EASY: Cara Mengatasi Sambungan Database Terputus

Berjumpa lagi di artikel tutorial dari solusieasy.co.id, situs penyedia informasi, tip, dan trik seputar software akuntansi Easy Accounting System. Seperti biasa, kami akan memberikan tutorial mengenai Easy accounting System dan Easy Mobile. Yang akan menjadi pembahasan kali ini adalah mengenai cara mengatasi sambungan database terputus.

Para pengguna sekalian mungkin pernah membuka database EASY lalu muncul notifikasi “Sambungan ke server database terputus. Silahkan periksa server database”. Permasalahan di atas bisa terjadi karena dua hal yaitu Firebird tidak berjalan dan jaringan ke client terputus. Nah, di dalam artikel ini akan diberikan solusi dan langkah untuk mengatasinya. Jadi, baca dan ikuti langkahnya di bawah ini untuk mengetahuinya.

Langkah untuk Mengatasi Sambungan Database Terputus

1. Jika notifikasi tersebut hanya muncul di salah satu komputer, tes terlebih dahulu di komputer tersebut dengan cara membuka database contoh. Jika berhasil masuk ke dalam database contoh, cek koneksi jaringan dari komputer client ke server. Untuk mengeceknya dengan cara ping ke komputer server dari komputer client tersebut. Caranya, masuk ke Command Prompt (cmd) lalu ketikkan ping ip address server -t kemudian enter, contohnya: ping 192.168.1.11 -t.

Jika notifikasi yang keluar adalah “Request Time Out” silakan cek kembali koneksi jaringan komputer client tersebut, misalnya mengencangkan kembali kabel LAN yang terhubung ke PC atau ke HUB jika ada yang longgar, bisa dicabut lalu colok kembali. Jika ping sudah “Reply” namun masih tidak bisa membuka database dari client, cek apakah windows firewall dalam kondisi off. Ketik firewall di kolom pencarian windows lalu klik dan matikan firewall.

Jika jaringan tidak ada masalah dan windows firewall juga sudah off namun masih belum bisa membuka database, restart firebird easy di komputer server. Cek ke komputer server (tempat penyimpanan database), caranya tekan Ctrl + Alt + Del lalu klik Services, cari Firebird Easy kemudian klik kanan dan pilih Restart.

Jaringan (Network Server ke Client)

Setelah memastikan Firebird Easy Running di komputer Server tapi saat membuka data masih muncul pesan “Sambungan ke server database terputus”, hal yang perlu diketahui adalah dari komputer mana notifikasi tersebut muncul. Berikut beberapa kemungkinan dan cara pengecekannya:

1. Server bisa membuka data, namun semua Client yang akan mengakses data ke komputer Server secara Remote tidak bisa.

Pastikan saat buka database secara Remote dari komputer Client untuk Nama Server atau Alamat IP sudah kita isi dengan IPAddress komputer Server yang benar, dan Auto Refresh dipilih Off. Lalu coba buka data kembali.

2. Server dan beberapa Client bisa buka, tapi hanya Client tertentu saja yang tidak bisa buka.

Jika hanya client tertentu saja yang tidak bisa akses database ke server dengan notifikasi “Sambungan ke server database terputus”, cek dahulu seperti cara nomor 1. Jika sudah sesuai, pastikan koneksi jaringan ke server untuk client yang tidak bisa akses tidak bermasalah, cara ceknya yaitu dengan kita ping ke komputer Server dari komputer Client tersebut ke Start Windows > Run, ketikkan cmd lalu enter, ketikkan ping nomor ipaddress server (spasi) -t, contohnya “ping 192.168.101.11 -t” lalu enter, pastikan konfirmasinya adalah Reply. Jika konfirmasi yang keluar Request Time Out silahkan cek kembali koneksi jaringan komputer client tersebut , misal mengencangkan kabel LAN yang terhubung ke PC atau ke HUB ada yang longgar, bisa dicabut lalu colok kembali. Jika ping sudah Reply namun masih tidak bisa membuka database dari client, cek apakah windows firewallnya sudah off. Klik Start Windows > Control Panel > Windows Firewall, pastikan di pilihan Home or work (private) network location settings dipilih yg turn off.

Jika ping sudah Reply seharusnya waktu buka data dengan IP dan alamat data di server yang benar sudah bisa buka data.

3. Server (tempat penyimpanan database) sendiri tidak bisa akses database dan semua komputer Client juga jadi tidak bisa akses.

Restart Firebird Easy, klik Start Windows > Control Panel > Administrative Tools > Services, cari Firebird Easy lalu klik kanan pilih restart. Jika masih muncul notifikasi sambungan ke server terputus. Pastikan windows firewallnya sudah off. Klik Start Windows > Control Panel > Windows Firewall, pastikan di pilihan Home or work (private) network location settings dipilih yg turn off.

Demikianlah cara untuk mengatasi beragam kasus dan langkah untuk mengatasi sambungan database terputus. Semoga bisa membantu semua pengguna Easy, terima kasih dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *