Tutorial EASY: Flow Transaksi Sekolah atau Yayasan

Easy Accounting System adalah software akuntansi user friendly dan kaya fitur unggulan. Selain itu, software EASY 5 juga cocok untuk semua level dan jenis bisnis dan perusahaan. Salah satu jenis perusahaan yang bisa didukung dengan EASY adalah yang berbentuk yayasan atau sekolah. Di artikel ini akan diberikan urutan transaksi sekolah atau yayasan memakai Easy Accounting System.

Tanpa pelu berpanjang lebar lagi, langsung saja simak dan praktikkan langkah-langkahnya di bawah ini.

Urutan Transaksi Sekolah atau Yayasan Memakai Easy Accounting

Membuat Barang, Jasa, dan Pelanggan

1. Pertama yang diperlukan dalam yayasan yang bergerak di bidang pendidikan adalah perhatikan nama barang dan jasa apa saja yang diperlukan juga nama pelanggan dijadikan nama siswa di sekolah/yayasan tersebut. Buat nama barang dan jasa yang akan digunakan misalnya seperti pada gambar di bawah ini:

daftar transaksi sekolah - 1

Kemudian buat nama pelanggan yang diisi dengan nama siswa.

daftar pelanggan sekolah

Transaksi Pembelian Yayasan/Sekolah

1. Suatu sekolah, misalnya SMK Negeri 9 ingin membeli seragam dari PT Maju Makmur untuk seluruh siswanya. Maka langkah pertamanya adalah membuat pesanan pembelian. Klik Jalan Pintas kemudian klik Pesanan Pembelian.

2. Lalu Input transaksi yang diperlukan dengan mengisi: Nama Pemasok, No Pesanan, Tgl Pesanan. Klik 2 kali di Nomor Barang lalu pilih barang yang diinginkan, setelah itu isi nilai pesanan dan isi deskripsi jika perlu. Terakhir klik Simpan dan Keluar.

3. Setelah barang yang dipesan dikirimkan oleh pemasok, terima barang tersebut di penerimaan barang, caranya klik Penerimaan Barang:

4. Lalu Inputlah transaksi yang diperluakan dengan mengisi Nama Pemasok, No Penerimaan, Tgl Penerimaan. Klik pesanan lalu pilih surat jalan tersebut atas PO yang mana kemudian isi deskripsi jika perlu. Setelah itu klik Simpan dan Keluar.

Lalu klik Pesanan akan muncul notifikasi sebagai berikut, centang pesanan tersebut lalu klik Ya:

5. Setelah itu, klik Faktur dari Penerimaan Barang untuk menginput faktur pembelian yang sudah ditagih. Caranya sama seperti penerimaan barang, hanya saja bedanya transaksi tersebut diinput di faktur dari penerimaan barang.

Atau cara kedua yg lebih mudah dengan cara klik faktur pada saat input penerimaan barang tersebut, contoh sebagai berikut:

Lalu tinggal pilih infromasi lainnya untuk mengatur termin pembayarannya dan pratinjau untuk melihat previewnya, lalu klik Simpan dan Keluar.

6. Setelah transaksi pembelian dilakukan bisa dilihat hutang yang akan jatuh tempo melalui Informasi:

7. Jika Anda (pihak yayasan) telah melakukan pembayaran atas invoice tersebut. Masuklah ke Jalan Pintas klik Penerimaan Penjualan lalu isilah Nama Pelanggan, Nomor Formulir, Tgl Penerimaan, Tgl Cek, Bank, dan No Invoice yang dibayarkan.

Klik Pratinjau untuk melihat preview dari tampilan output transaksi.

Transaksi Penjualan di Yayasan/Sekolah

1. Setelah semua flow pembelian dilakukan, lakukan Penjualan Seragam tersebut ke siswa SMK 9, caranya seperti ini: Klik Jalan Pintas, pilih Faktur Penjualan lalu Pilih nama pelanggan, dan isi Nomor & Tgl Faktur.

2. Klik 2 kali di nomor barang dan pilih barang yg ingin dijual.

3. Klik Pratinjau untuk melihat hasil inputnya.

4. Jika siswa membayar tunai transaksi tersebut, Anda bisa klik Terima Pembayaran pada saat membuat faktur, contohnya seperti di bawah ini:

5. Setelah klik terima pembayaran akan muncul form penerimaan penjualan, lalu sesuaikan pembayaran tersebut ke bank/kas mana, lalu berapa jumlah pembayarannya, kemudian klik pratinjau untuk melihat hasil inputnya, contoh sebagai berikut:

Melihat Stok Barang Milik Yayasan/Sekolah

1. Anda bisa melihat stok barang milik yayasan yang ada di dalam software Easy Accounting System dengan cara: Klik Modul Utama lalu Persediaan, pilih Barang.

2. Jika ingin melihat mutasi barang tersebut klik kanan barang yang diinginkan lalu pilih Riwayat Barang dan pilih tanggal transaksi dari periode yang diinginkan.

3. Lalu untuk tagihan uang SPP atas siswa tersebut, pengguna EASY bisa masuk ke Faktur Penjualan lalu isi data yang diperlukan (Pelanggan, No Invoice, tlg, dll), klik 2 kali di nomor barang dan pilihlah BIAYA SPP BULANAN, contoh seperti di bawah ini:

4. Lalu klik Pratinjau untuk melihat preview dari input yang baru dilakukan:

5. Lalu pengguna EASY bisa melakukan Transaksi Berulang atas biaya SPP siswa tersebut dengan memakai salah satu fitur unggulan EASY yaitu recurring atau transaksi berulang, contohnya di bawah ini:

6. Dengan fitur recurring atau transaksi berulang Anda dapat mengisi form tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan, misalnya berulang setiap bulan, contohnya di bawah ini:

7. Lalu untuk setiap bulannya Anda bisa cek transaksi mana saja yang perlu dibuatkan transaksi berulang, klik di Informasi lalu pilih Pengingat, seperti gambar di bawah ini:

Transaksi Operasional di Sekolah/Yayasan

1. Anda juga dapat menginput transaksi operasional sekolah dengan cara masuk ke Jalan Pintas lalu pilih Pembayaran Lainnya. Isi dibayar dari dan tanggalnya.

2. Klik 2 kali di nomor akun lalu pilihlah akun biaya yang cocok dengan biaya yang dikeluarkan, lihat gambar di bawah ini:

3. Lalu isi data-data di kolom yang tersedia:

4. Lalu klik pratinjau untuk melihat hasil input Anda:

melihat Laporan Neraca Yayasan/Sekolah

1. Lalu jika Anda ingin melihat laporan neraca yang ada, masuk ke Laporan pilih Semua Laporan klik Laporan Keuangan kemudian pilihlah Laporan Neraca (standar) dan isi Periode.

Berikut ini hasil dari laporan neraca yang ada:

Itulah flow lengkap transaksi di sebuah sekolah/yayasan dengan memakai software Easy Accounting System. Selain artikel ini masih ada banyak flow transaksi lain yang bisa dibaca di situs ini, misalnya flow transaksi perusahaan pariwisata, flow perusahaan kelapa sawit dan lain-lain.

Kami juga mempunyai tutorial dalam bentuk video. Anda bisa melihatnya di YouTube pada channel resmi kami, ketik Easy Accounting System di kolom search YouTube untuk menemukan video-video dari kami. Sekian tutorial dari kami, sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *