Cara Melakukan Transaksi Berulang/Recurring di Easy Accounting System

Dalam dunia akuntansi istilah transaksi berulang atau recurring sering dijumpai. Transaksi berulang adalah transaksi yang dilakukan secara periodik, misalnya tiap minggu atau bulan. Transaksi ini memungkinkan Anda melakukan transaksi yang sama persis dan dibuat perulangannya sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

Fitur recurring juga terdapat di Easy Accounting System. Transaksi berulang sudah ada di software Easy Accounting semenjak versi EASY 3. Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Easy Accounting System. Semua varian software Easy Accounting bisa menikmati fitur ini, hal yang belum tentu ada di software akuntansi lain.

Di Easy Accounting System transaksi yang bisa dilakukan recurring yaitu:

1. Transaksi Faktur Pembelian (Purchase Invoice)

2. Transaksi Faktur Penjualan (Sales Invoice)

3. Transaksi Jurnal Umum (Journal Voucher)

4. Transaksi Pembayaran Lainnya (Other Payment)

Pada saat jatuh tempo transaksi recurring, Easy Accounting tidak otomatis melakukan transaksi atas transaksi recurring tersebut. Software Easy Accounting akan memberi peringatan saat transaksi tersebut jatuh tempo. Penggunalah yang akan mengeksekusi transaksi recurring tersebut. Setelah membahas singkat definisi transaksi berulang dan kegunaannya, kami juga akan memberikan cara melakukan transaksi berulang di Easy Accounting System.

Cara Melakukan Transaksi Berulang di Easy Accounting System

Untuk contoh transaksi recurring, transaksi tersebut akan dilakukan di jurnal umum/jurnal voucher. Ilustrasinya adalah biaya auransi yang besarannya selalu sama dan harus dibayar setiap bulan selama setahun. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan transaksi tersebut:

1. Buat jurnal umum yang akan dijadikan transaksi recurring. Caranya, buka software Easy Accounting lalu klik Jalan Pintas lalu klik Jurnal Umum atau bisa juga dari Modul Utama lalu pilih Buku Besar lalu klik Jurnal Umum klik Baru.

2. Input transaksi yang akan dibuat yaitu biaya asuransi. Setelah detail transaksi selesai diisi, klik Transaksi Berulang, lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Transaksi Berulang - Langkah Kedua

2. Pilih Periode dan klik Bulanan, kemudian isi kolom Berapa Kali sesuai dengan berapa lama Anda melakukan transaksi recurring. Dalam contoh diisikan 12 kali, sebab transaksi tersebut berlangsung selama setahun atau 12 bulan. Lalu beli tanda centang pada kolom Masukkan Nomor Faktur. Lalu klik Simpan dan Keluar, transaksi recurring tersebut telah berhasil dilakukan dan pada tanggal yang ditentukan tiap bulannya akan keluar reminder.

Transaksi Berulang - Langkah Ketiga

Bagaimana? Mudah bukan cara melakukan transaksi recurring di Easy Accounting System? Semoga dengan tutorial-tutorial dari kami bisa membantu Anda semua dalam mengoperasikan Easy Accounting System. Sampai jumpa lagi di tutorial, tip, dan trik seputar Easy Accounting lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *