Retur Pembelian & Penjualan: Pembahasan dan Tutorialnya di Easy Accounting System

Terkadang di dalam suatu transaksi pembelian maupun penjualan ada kasus di mana kita melakukan atau menerima pengembalian barang. Lalu bagaimana cara dan konsep penggunaan fitur Retur Pembelian maupun Penjualan? Bagaimana jika Retur tersebut Fakturnya sudah lunas?

Contohnya pada transaksi Pembelian, langkah pertama, ketika kita memiliki Faktur/Invoice Pembelian misalnya dengan detail seperti gambar di bawah:

Sekarang dengan kasus Faktur/Invoice belum ada pelunasan, maka kita hanya tinggal masuk ke RETUR PEMBELIAN – ISI KOLOM PEMASOK – NOMOR FAKTUR (Retur Berdasarkan Nomor Faktur Yang Mana) – KLIK 2X DI KOLOM DESKRIPSI BARANG – LALU ISI BERAPA QTY YANG DI RETUR seperti ini:

retur pembelian sebelum pelunasan - 1

Maka efek yang dihasilkan adalah Stock kita Berkurang (yang awalnya stock masuk 10 unit akan berkurang 2 unit), seperti ini:

retur pembelian sebelum pelunasan - 2

Selain itu nilai hutang/tagihan kita pada Faktur tersebut akan berkurang senilai 165.000.

retur pembelian sebelum pelunasan - 3

Lalu, bagaimana dengan kasus Faktur/ Invoice yang sudah ada pelunasan, seperti gambar di bawah ini?

Sama seperti sebelumnya, maka kita hanya tinggal masuk ke RETUR PEMBELIAN – ISI KOLOM PEMASOK – NOMOR FAKTUR (Retur Berdasarkan Nomor Faktur Yang Mana) – KLIK 2X DI KOLOM DESKRIPSI BARANG – LALU ISI BERAPA QTY YANG DIRETUR seperti ini:

retur pembelian setelah pelunasan - 1

Maka yang dihasilkan adalah Stock kita Berkurang (yang awalnya stock masuk 10 unit akan berkurang 4 unit), seperti ini:

retur pembelian setelah pelunasan - 2

Dan nilai hutang/tagihan kita pada Faktur yang awalnya sudah lunas tersebut akan berkurang lagi senilai 330.000, sehingga hasilnya MINUS, dengan kata lain dana senilai 330.000 ada di Supplier (Supplier hutang kepada kita senilai 330.000).

retur pembelian setelah pelunasan - 3

Untuk menyelesaikan transaksi, kita perlu tahu dahulu apakah Supplier kita mengembalikan berupa uang secara langsung atau berupa barang yang baru. Jika pengembalian berupa uang, maka kita hanya perlu KLIK kolom BAYAR – SIMPAN DAN KELUAR. Jika Berupa barang, kita perlu membuat Faktur tagihan baru seperti ini:

retur pembelian setelah pelunasan - 4

Lalu, masuk ke PEMBAYARAN PEMBELIAN – ISI KOLOM SUPPLIER – KLIK DI DUA FAKTUR SEKALIGUS – SIMPAN DAN KELUAR.

Dengan input seperti ini, tidak ada nilai yang keluar dari KAS maupun BANK. Karena kasusnya barang kita diganti dengan yang baru, jadi tidak mempengaruhi nilai Kas maupun Bank.

Untuk retur penjualan cara kerja dan langkahnya sama persis seperti yang telah dibahas di atas. Baca juga artikel seputar pemakaian fitur Easy Accounting System di dalam situs ini. Ada banyak artikel yang bisa Anda baca, mulai dari pembelian, penjualan, jurnal umum, hingga manufaktur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *