Retur Pembelian Sebelum & Sesudah Pembayaran

Istilah retur pembelian sering didengar sehari-hari, namun sudahkah Anda tahu apa definisinya dan bagaimana cara membuatnya dengan software akuntansi EASY? Di dalam artikel Anda bisa menemukan jawabannya. Pertama, definisinya adalah pengembalian barang yang dilakukan oleh pihak pembeli kepada penjual karena alasan tertentu, misalnya tidak sesuai atau rusak.

Retur dapat dilakukan sebelum dan sesudah terjadinya pembayaran. Dan hal itulah yang akan menjadi pembahasan utama di dalam artikel ini. Untuk itu, langsung saja baca langkah-langkah untuk melakukan retur sebelum dan sesudah pembayaran memakai software akuntansi Easy Accounting System.

Retur Sebelum Pembayaran

1. Buat satu tagihan di faktur pembelian, isi Pemasok lalu pilih Barang dan isi Kuantitasnya.

retur pembelian sebelum pembayaran - 1

2. Misalnya ada 2 barang yang tidak sesuai lalu akan diretur. Caranya, klik pemasok yang sama kemudian klik dua kali di kolom deskripsi barang lalu pilih barang yang diinginkan dan isi kuantitas barang yang akan diretur. Terakhir klik Simpan dan Keluar.

retur pembelian sebelum pembayaran - 2

Retur Pembelian Setelah Pembayaran

1. Buat transaksi lebih dulu, caranya pilih pemasok lalu pilih barang dan tentukan kuantitasnya, setelah itu simpan dan di keluar.

retur pembelian sesudah pembayaran - 1

2. Bayar transaksi tersebut, masuk ke pembayaran pembelian lalu cari pemasok yang diinginkan kemudian pilih transaksi. Beri tanda ceklis (v) pada kolom bayar, lalu simpan dan keluar.

retur pembelian sesudah pembayaran - 2

3. Misalnya saja terjadi kerusakan 5 buah barang, retur barang terasebut. Caranya masuk ke retur pembelian, pilih pemasok, pilih no. faktur, kemudian pilih barang dan isi berapa banyak yang akan diretur. Terakhir, klik simpan dan keluar.

Begitulah tadi caranya untuk membuat retur pembelina sebelum dan setelah pembayaran Easy Accounting System. Sangat mudah bukan? Sama seperti nama softwarenya, fitur Easy Accounting System memang mudah untuk digunakan. Masih banyak fitur lain yang sangat mudah untuk digunakan dalam Easy Accounting System.

Terus ikuti situs ini agar Anda selalu update dengan tip, trik, dan tutorial dari Easy Accounting System. Anda tidak hanya bisa menyimak dan membaca tutorial dari solusieasy.co.id. Anda bisa meminta tutorial yang berhubungan dengan Easy Accounting System kepada kami. Caranya sangat mudah, cukup ketik request tutorial yang diinginkan di kolom komentar.

Sebagai penutup, bagi Anda yang belum memakai Easy Accounting dan tertarik terhadap software EASY 5. Anda bisa mengunjungi website resmi Easy Accounting System. Di sana Anda bisa menemukan info lengkap seputar fitur maupun harga dari varian software Easy Accounting System.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *