Recurring di Perusahaan Provider Internet dengan Software Easy 6

SolusiEASY kembali mengajak Anda untuk membahas mengenai tutorial dan tip seputar pemakaian software akuntansi Easy System. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai salah satu fitur unggulan di Easy 6 yaitu recurring. Secara khusus kami akan membahas transaksi berulang/recurring di perusahaan provider internet.

Sebelum menuju pembahasan utama, kita bahas dulu apa definisi transaksi berulang. Transaksi berulang adalah transaksi yang dilakukan secara rutin atau berkala, misalnya tiap minggu, bulan, semester, atau tahun. Transaksi ini memungkinkan Anda melakukan transaksi yang sama persis dan dibuat perulangannya sesuai tempo yang sudah ditetapkan.

Transaksi Berulang di Perusahaan Provider Internet

1. Langkah pertama adalah membuat master transaksi atau transaksi yang akan dibuat perulangannya. Di sini akan dicontohkan yang akan dijadikan transaksi berulang adalah faktur penjualan. Kita langsung ke modul penjualan kemudian pilih ikon faktur penjualan. Buat transaksi seperti biasa, pilih Pelanggan misalnya PT Sumber Jaya lalu isi No. Faktur. Setelah itu pilih barang yang dijual beserta kuantitasnya, terakhir klik Transaksi Berulang.

recurring easy 6 - 1

2. Di sini kita akan buat detail recurring-nya, pilih Periode misalnya bulanan lalu isi Berapa Kali misalnya 12 kali. Setelah itu jangan lupa untuk ceklis kolom Masukkan Nomor Faktur dan klik Simpan dan Keluar.

recurring easy 6 - 2

3. Untuk cek transaksi berulang yang tadi dibuat caranya klik Modul Utama pilih Buku Besar kemudian klik Transaksi Berulang.

recurring easy 6 - 3

4. Akan muncul semua transaksi recurring yang telah dibuat termasuk yang baru saja dibuat. Dobel klik untuk melihatnya.

recurring easy 6 - 4

5. Saat sudah jatuh tempo untuk transaksi berulang di bulan depan buka transaksinya kemudian klik kanan pada transaksi di bulan tersebut kemudian klik Buat Faktur.

recurring easy 6 - 5

6. Akan muncul transaksi faktur penjualan yang sama dengan master transaksi yang tadi telah dibuat, hanya tanggal fakturnya saja yang berbeda. Jadi kita hanya perlu klik Simpan dan Keluar saja. Untuk transaksi di bulan depan juga sama, tinggal klik Simpan dan Keluar saja.

Demikianlah sekilas mengenai recurring di perusahaan provider internet. Anda juga bisa membuat recurring di transaksi lain misalnya di faktur pembelian, jurnal umum, dan pembayaran lainnya. Untuk cara pembuatannya juga hampir sama, membuat masternya dahulu lalu buat periode dan berapa kali pembayaran.

Lalu seumpama kita tidak hafal dengan transaksi berulang yang kita miliki, bagaimana caranya agar kita tidak terlewat membuat transaksi berulang tersebut? Anda tidak perlu khawatir, sebab transaksi berulang tersebut akan masuk dan muncul ke Pengingat di menu Informasi. Jadi sebelum jatuh tempo di bulan depan akan muncul notifikasi, kira-kira seperti gambar di bawah ini tampilannya.

Sekian dulu pembahasan seputar transaksi berulang di perusahaan provider internet. Jika Anda ingin melihat versi video dari artikel ini silakan lihat di bagian akhir artikel ini. Sekian dari kami dan jangan lupa baca artikel lain yang ada di situs ini agar Anda lebih banyak tahu seputar software akuntansi Easy System.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *