Tutorial Proyek Easy Accounting System

Kali ini solusiEASY kembali akan mengajak Anda untuk mempelajari seputar pemakaian software akuntansi Easy Accounting System. Tutorial ini kami tujukan untuk Anda yang baru mulai memakai EASY 5 atau yang sedang melakukan trial. Yang akan kami bahas adalah tutorial proyek Easy Accounting System.

Dalam fitur ini juga akan dijelaskan mengenai proyek beserta fungsinya. Tidak lupa bagaimana cara penerapannya di suatu transaksi dalam perusahaan. Tidak perlu berlama-lama lagi, mari langsung saja baca langkah demi langkahnya di bawah ini.

Membuat Proyek Baru

1. Buka software akuntansi Easy Accounting System kemudian klik Master Data kemudian pilih Proyek

proyek easy accounting system - 1

2. Untuk membuat proyek, caranya klik Baru di tab bagian bawah.

proyek easy accounting system - 2

3. Isi detail proyek baru, seperti No. Proyek, Nama Proyek, Nama Kontak, dan Deskripsi, lalu klik Simpan dan Keluar.

proyek easy accounting system - 3

Transaksi Memakai Proyek

Setelah membuat proyek baru, pastikan untuk mencantumkan nama proyek tersebut di semua transaksi yang berhubungan. Berikut ini adalah contoh transaksinya, misalnya jika perusahaan ingin membayarkan gaji di sebuah proyek, maka pengguna Easy bisa memakai pembayaran lainnya.

Pembayaran Lainnya

1. Klik menu Pembayaran Lainnya di Jalan Pintas. Setelah masuk, pilih akan diambil dari manakah pembayaran ini dengan klik Dibayar dari, lalu klik dua kali No. Akun dan pilih salah satu misalnya Biaya Gaji lalu klik dua kali di kolom Proyek.

2. Akan muncul kotak pencarian proyek, pilih salah satu proyek yang diinginkan, contohnya adalah proyek yang baru dibuat di atas.

3. Terakhir tinggal klik Simpan dan Keluar.

Contoh berikutnya, jika perusahaan menjual suatu barang. Pengguna Easy bisa membuatnya di faktur penjualan dan proyeknya tetap harus dicantumkan. Jadi, nanti bisa dilihat laporan mengenai laba rugi dari proyek tersebut.

Faktur Penjualan

1. Buka faktur penjualan lalu buat satu transaksi seperti biasa dengan memilih Pelanggan dan barang. Jangan lupa untuk mencantumkan proyeknya, caranya klik dua kali di kolom Proyek.

2. Akan muncul kotak pencarian proyek, lalu pilih salah satu proyek dengan cara klik dua kali nama proyeknya. Misalnya proyek yang tadi telah dibuat.

3. Terakhir jangan lupa klik Simpan dan Keluar.

Melihat Laporan Proyek

Fungsi dari membuat proyek adalah untuk memilah antara satu proyek dengan proyek lain. Sehingga perusahaan bisa mengetahui laporan-laporan yang berhubungan dengan satu proyek. Dari situ, perusahaan bisa tahu proyek mana yang paling menguntungkan dan proyek mana yang kurang. Berikut adalah cara untuk melihat laporan laba rugi proyek.

1. Klik Laporan lalu pilih Semua Laporan.

2. Pilih Laporan Proyek kemudian klik dua kali Laba Rugi per Proyek.

laporan proyek easy accounting system - 1

3. Filter tanggal, lalu pilih nama proyek lemudian klik OK.

laporan proyek easy accounting system - 2

4. Akan muncul laporan seperti pada gambar di bawah ini.

laporan proyek easy accounting system - 3

Setelah melakukan tahap-tahap tersebut Anda sudah bisa membuat dan menjalankan proyek Easy Accounting System. Yang perlu diperhatikan adalah ketelitian saat penginputan, pastikan semua input dan langkahnya sudah benar.

Terus ikuti solusieasy.co.id, sebab banyak informasi dan artikel seputar software EASY 5 yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa membaca artikel-artikel yang bisa membantu Anda mengoperasikan Easy Accounting System. Tutorial cara instal hingga cara membuat formula produksi bisa dibaca di situs ini.

Easy Accounting System juga mempunyai tutorial dalam bentuk video. Video tutorial ini bisa Anda lihat di channel YouTube resmi Easy Accounting System. Menariknya lagi, Anda juga bisa request tutorial kepada tim kami. Caranya cukup mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini atau di channel YouTube Easy Accounting System. Cukup sekian tutorial dari kami, semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi Anda pengguna Easy Accounting System. Jika Anda tertarik atau ingin melakukan trial software silakan kunjungi website resmi kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *