Fitur Baru Easy 6: Pembatasan Pemasok dan Pelanggan Per Cabang

Pada kesempatan kali ini solusiEASY akan membahas mengenai salah satu fitur baru Easy 6. Fitur tersebut adalah pembatasan pemasok dan pelanggan per cabang. Seperti biasa, kami akan membahas bagaimana cara memakai fitur ini dilengkapi dengan petunjuk gambar yang bisa langsung Anda contoh. Mari langsung saja

1. Login ke Easy 6 sebagai Administrator dan pastikan sudah mengaktifkan Easy Branch. Untuk melihat fitur Easy Branch sudah aktif atau belum caranya klik Alat Bantu lalu pilih Preferensi klik Fitur dan pastikan di kolom Aktifkan Easy Branch sudah diceklis.

2. Atur pengguna dari cabang yang dimiliki misalnya cabang Jakarta dan Bandung, caranya klik Menu lalu pilih Pengguna dan klik Pengguna & Hak Akses. Untuk User Jakarta, ubah kolom Masuk Sebagai dan isi dengan User Jakarta kemudian isi kolom Cabang dengan JKT. Untuk User Bandung, ubah kolom Masuk Sebagai dan isi dengan User Bandung lalu isi kolom Cabang dengan BDG.

Pembatasan Pemasok dan Pelanggan Per Cabang Easy 6 - 1

Pembatasan Pemasok dan Pelanggan Per Cabang Easy 6 - 2

3. Atur Pemasok dengan cara klik Master Data lalu klik Pemasok. Klik dua kali pada nama salah satu vendor dan akan muncul form seperti gambar di bawah ini. Klik Pengguna lalu hilangkan ceklis di Semua Pengguna lalu di kolom Cabang pilih Jakarta kemudian klik Simpan dan Keluar, jadi vendor tersebut hanya bisa digunakan oleh cabang Jakarta saja. Ulangi langkah di atas tetapi pada kolom Cabang pilih Bandung.

Pembatasan Pemasok dan Pelanggan Per Cabang Easy 6 - 3

Pembatasan Pemasok dan Pelanggan Per Cabang Easy 6 - 4

4. Atur Pelanggan, caranya klik Master Data lalu pilih Pelanggan. Atur dua pelanggan, satu dipakai untuk cabang Jakarta, satu lagi untuk dipakai cabang Bandung. Caranya klik dua kali pada pelanggan yang diinginkan, setelah masuk ke detail pelanggan klik tab Pengguna lalu hilangkan ceklis di Semua Pengguna lalu isi kolom Cabang pilih Jakarta terakhir Simpan dan Keluar. Ulangi langkah tersebut tetapi pada kolom Cabang pilih Bandung.

Pembatasan Pemasok dan Pelanggan Per Cabang Easy 6 - 5

5. Buka Easy 6 dan login sebagai User Jakarta dan User Bandung. Untuk membuktikan bahwa pemasok dan pelanggan yang tadi telah diatur tidak bisa muncul dan dipakai antar cabang bisa dilihat di Master Data lalu klik Pemasok atau Pelanggan di tiap user.

6. Buat satu transaksi, pertama yang berhubungan dengan pemasok misalnya Pesanan Pembelian. Di user Jakarta nama pemasok untuk cabang Bandung tidak akan muncul dan di user Bandung nama pemasok untuk cabang Jakarta tidak akan muncul, lihat contoh gambar di bawah ini.

7. Selanjutnya buat transaksi yang berhubungan dengan pelanggan, misalnya Penawaran Penjualan. Bisa dilihat bahwa pada user Jakarta tidak muncul pelanggan milik cabang Bandung dan hal tersebut berlaku sebaliknya di user Bandung. Lihat contoh gambar di bawah ini.

Demikianlah pembahasan salah satu fitur baru Easy Accounting System versi 6 yaitu pembatasan pemasok dan pelanggan per cabang. Tutorial ini juga tersedia dalam bentuk video yang akan kami lampirkan di bagian bawah artikel ini. Nantikan pembahasan lain terkait fitur baru Easy 6 lainnya hanya di solusiEASY.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *