Tutorial Pembatasan Gudang di Cabang Easy Accounting System

Easy Accounting System adalah software akuntansi user friendly dan berorientasi pada kenyamanan penggunanya. Salah satu layanan yang disediakan adalah dengan memberikan tip dan trik seputar pemakaian fitur di software Easy 5. Dan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu fitur yaitu cara melakukan pembatasan gudang di cabang Easy Accounting System.

Tutorial ini bisa digunakan untuk perusahaan yang punya beberapa cabang dan banyak gudang. Contoh kasusnya adalah cabang A hanya bisa menyimpan atau mengambil barang di gudang A, B, dan C. Sedangkan cabang B hanya bisa menyimpan atau mengambil barang dari gudang D, E, dan F. Contoh kasus di atas bisa dilakukan memakai Easy 5. Dan berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

Setting Cabang di Komputer Administrator

1. Masuk ke software akuntansi Easy Accounting System kemudian klik Alat Bantu lalu pilih Preferensi. Setelah itu, klik Fitur dan pastikan bahwa kolom Aktifkan EASY BRANCH sudah tercentang.

2. Pastikan bahwa sudah ada user-user cabangnya. Cara untuk mengetahuinya klik Menu lalu sorot Pengguna dan klik Pengguna & Hak Akses.

3. Atur cabang yang Anda miliki, bisa di gudang mana saja cabang tersebut menyimpan barang. Caranya klik Master Data kemudian pilih Cabang. Klik cabang yang ingin diatur, misalnya JAKARTA kemudian centang gudang mana saja yang bisa dipakai oleh cabang JAKARTA. Misalnya gudang CENTRE, DEALER, ELEKTRONIK, dan JKT.

Pembatasan Gudang di Cabang Easy Accounting System - 1

 

4. Ulangi langkah nomor tiga untuk cabang BANDUNG. Lihat contoh di gambar di bawah ini. Pilihan penyimpanan gudang bisa sama bisa juga berbeda dengan cabang JAKARTA, sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Pembatasan Gudang di Cabang Easy Accounting System - 2

 

Transaksi di Cabang Memakai Pembatasan Gudang

Cabang Jakarta

1. Lakukan login di cabang Jakarta, pastikan ID Pengguna dan Password benar.

2. Buat satu transaksi yang berhubungan dengan gudang, misalnya saja penerimaan barang. Buat transaksi seperti biasa dengan memilih pemasok dan barang kemudian klik dua kali di kolom Gudang.

3. Akan muncul box Pencarian Gudang, Anda bisa memilih di gudang mana barang tersebut akan diterima dengan cara klik dua kali di nama gudang. Bisa Anda lihat bahwa gudang yang bisa dipilih sama dengan pilihan Anda saat ssetting di komputer administrator.

Pembatasan Gudang di Cabang Easy Accounting System - 3

Cabang Bandung

1. Lakukan login di cabang Bandung.

2. Lakukan transaksi yang berhubungan dengan gudang, misalnya pengiriman barang dan buat transaksi tersebut seperti biasa. Klik dua kali di kolom Gudang.

3. Di box pencarian gudang Anda bisa memilih nama gudang yang akan digunakan untuk transaksi tersebut. Nama gudang di box tersebut pasti sama dengan saat Anda melakukan setting gudang untuk cabang Bandung yaitu CENTRE, BAHAN BANGUNAN, RW, dan BDG.

Pembatasan Gudang di Cabang Easy Accounting System - 4

Demikianlah langkah untuk melakukan pembatasan gudang di cabang Easy Accounting System. Semoga dengan tutorial ini Anda semua bisa terbantu dan bertambah ilmu mengenai pemakaian fitur seputar Easy Accounting System dan Easy Mobile. Selalu ikuti situs ini untuk mengetahui beragam info terbaru dari Easy Accounting System.

Selain dalam bentuk artikel, Easy Accounting System juga menyediakan tutorial dalam bentuk video. Anda bisa melihat video tutorial di channel YouTube resmi kami, sudah ada banyak video tutorial yang kami unggah ke channel tersebut. Pastikan juga Anda subscribe ke channel Easy Accounting System.

Jika Anda memiliki request tutorial seputar Easy Accounting System silakan sampaikan kepada kami. Caranya sangat mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini dan di YouTube. Tim kami akan segera merespon permintaan tutorial Anda. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *