Nomor Seri Tersedia pada Daftar Persediaan di Easy 6

Easy System kembali akan mengeluarkan fitur barunya pada update selanjutnya untuk terus memenuhi kebutuhan penggunanya. Dan yang terbaru di Easy 6 ini adalah nomor seri tersedia pada daftar persediaan. Fitur ini memungkinkan User untuk dapat mengecek nomor seri yang tersedia, tanggal kadaluarsa barang, hingga menyajikannya ke dalam laporan. Mari kita bahas bersama cara setting hingga contoh pemakaiannya di Easy 6.

Cara Membuat Nomor Seri Tersedia di Easy 6

1. Buat 2 barang lalu dobel klik barang pertama, setelah masuk ke pengaturan barangnya klik tab No. Seri. Untuk barang pertama akan saya ceklis di kolom Pakai No. Seri, Nomor Unik, dan harus memilih nomor seri di transaksi.

nomor seri tersedia Easy 6 - 1

2. Kemudian atur barang kedua, caranya sama dobel klik pada barangnya kemudian klik tab No. Seri. Agak sedikit berbeda dengan barang pertama, ceklis kolom berikut yaitu Pakai No. Seri, Nomor Batch, Pakai Tanggal Kadaluarsa, dan Harus memilih nomor seri di transaksi.

nomor seri tersedia Easy 6 - 2

3. Bisa dilihat berikut adalah perbedaan antara barang yang diaktifkan nomor serinya dan yang tidak diaktifkan.

nomor seri tersedia Easy 6 - 3

nomor seri tersedia Easy 6 - 4

4. Buat satu transaksi misalnya faktur pembelian, gunakan Barang A dan isi detailnya kemudian dobel klik di kolom SN. Isi nomor serial untuk barang tersebut pada kolom Masukkan Nomor Seri untuk Ditambah lalu ceklis Tambah lalu ketikkan angka sesuai dengan jumlah barang yang dipakai yaitu 5 di kolom sebelahnya. Klik Tambahkan dan otomatis 5 barang tersebut akan memiliki nomor seri masing-masing lalu klik Simpan.

5. Tambahkan barang dan gunakan Barang B lalu dobel klik di kolom SN. Isi kolom Masukkan Nomor Batch, Kuantitas, dan Tanggal Kadaluarsa lalu klik Tambahkan, hasilnya akan seperti contoh gambar di bawah. Jangan lupa klik Simpan.

6. Selesaikan transaksi faktur pembelian tersebut dengan klik Simpan dan Keluar. Untuk melihat hasil dari setting nomor seri dan nomor batch tadi, buka Modul Utama lalu klik Persediaan pilih Barang. Sorot Barang A lalu klik kanan dan pilih Nomor Seri Tersedia, hasilnya seperti gambar di bawah ini di mana.

7. Untuk melihat hasil setting nomor batch, sorot Barang B lalu klik kanan dan pilih Nomor Seri Tersedia.

Dengan langkah-langkah mudah di atas proses nomor seri tersedia pada daftar persediaan telah selesai. Sangat mudah bukan? Semua fitur dan modul di EASY 5 memang user friendly. Jadi, mudah digunakan oleh semua orang, bahkan yang masih awam dengan akuntansi.

Selalu ikuti update terbaru solusiEASY dan baca artikel-artikel lain di sini. Ada banyak artikel informatif untuk Anda pengguna software EASY 5. Tutorial instal, impor transaksi dari Excel, recurring, dan multi cabang lengkap tersedia dalam situs ini. Artikel ini juga tersedia dalam bentuk video di YouTube dan akan kami cantumkan pada bagian akhir artikel ini, silakan kunjungi channel YouTube resmi Easy Accounting System.

Anda juga bisa meminta tutorial kepada solusiEASY. Caranya juga sangat mudah, ketikkan permintaan tutorial di kolom komentar. Tim kami akan segera meresponnya dan membuat tutorial tersebut. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *