Tutorial EASY: Menyambungkan Easy Mobile dengan Jaringan yang Berbeda

Berjumpa lagi di artikel tutorial dari solusieasy.co.id, situs penyedia informasi, tip, dan trik seputar software akuntansi Easy Accounting System. Seperti biasa, kami akan memberikan tutorial mengenai Easy accounting System dan Easy Mobile. Di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai langkah-langkah menyambungkan Easy Mobile dengan jaringan yang berbeda.

Cara ini dilakukan jika pengguna Easy Mobile mempunyai IP internasional atau IP public. Pada tutorial ini digunakan 2 modem, 1 modem yang didapat dari provider internet dan modem tambahan ZTE F 609 (wajib pakai merk dan seri ini). Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Urutan Cara Menyambungkan Easy Mobile dengan Jaringan Berbeda

Setting Modem ZTE F 609 secara Manual

1. Pertama sambungkan modem utama dengan modem ZTE, lalu sambungkan modem ZTE ke komputer atau laptop yang akan disetting.

2. Masuk ke browser lalu ketikkan IP default gateway, contohnya jika memakai indihome IP defaultnya adalah 192.168.1.1. Untuk Username dan Passwordnya yaitu user dan user lalu klik Login.

3. Setelah masuk, klik Network lalu isi kolom LAN IP Address dengan 192.168.1.3 (jangan diisi dengan ip address yang sama dari modem utama agar tidak bentrok). Untuk Subnet Mask isi sesuai contoh (sama untuk semua provider). Untuk DHCP Start IP Address diisi IP setelah IP yang telah kita tentukan sebelumnya (192.168.1.3) jadi di contoh akan diisikan dengan ip 192.168.1.4 dan DHCP End IP Address diisi sesuai jangkauan user yang Anda butuhkan misalnya: 192.168.1.253. Sedangkan untuk DNS Server1 IP Address dan Default Gateway diisi ip dari modem utama yaitu 192.168.1.1 . Terakhir klik Submit.

Langkah pengaturan di modem ZTE F 609 sudah selesai dilakukan, selanjutnya adalah membuat No IP.

Membuat No IP

1. Masuk ke website noip.com, kemudian klik Sign Up.

2. Isi Email, Password, dan Hostname, untuk hostname silahkan pilih .ddns.net , kemudian klik Free Sign Up.

3. Setelah selesai mendaftar, silakan Log In. Setelah masuk, klik Add Hostname.

4. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Proses membuat No IP sudah selesai, selanjutnya proses pengaturan di modem utama.

Setting Modem Utama

1. Masuk ke browser kemudian ketikkan default gateway dari modem utama (indihome) yaitu 192.168.1.1. Lalu silakan lakukan Log In isi Username dan Password dengan admin.

2. Setelah masuk, klik Application kemudian Port Forwarding. Klik Add kemudian isi kolomnya seperti pada contoh. Pada kolom IP merupakan IP Address yang telah disetting menjadi IP Statis pada komputer server. Terakhir klik Apply.

3. Masuk lagi ke modem ZTE F 609, klik Application lalu DDNS. Isi kolomnya sesuai contoh di bawah ini, untuk username dan password diisi sama dengan saat registrasi log in No IP. Terakhir klik Submit.

4. Buka web service Easy yang telah terinstall, lalu klik baru kemudian pilih direktori database dan isi nama koneksinya.

5. Setelah itu aktifkan web service tersebut dengan cara klik kemudian klik kanan di kolom status.

6. Lakukan cek port number di tautan berikut ini: https://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/. Isi Port Number kemudian klik Check, jika berhasil akan muncul notifikasi port is open.

Setting di Easy Mobile

1. Buka Easy Mobile kemudian pilih Online Database kemudian klik Pengaturan.

2. Klik Tambah Koneksi.

3. Isi Alias Database, Alamat IP diisi sesuai DDNS yang telah dibuat di noip.com, lalu isi Port sesuai yang ada di web service. Terakhir klik Simpan.

4. Klik nama koneksi kemudian pilih Koneksi.

5. Pilih Direktori Database.

6. Klik Database.

7. Masukkan Username dan Password yang biasa digunakan kemudian klik Masuk.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas Anda sudah bisa melakukan setting Easy Mobile dengan jaringan berbeda. Yang perlu diperhatikan adalah ketelitian saat penginputan, pastikan semua input dan langkahnya sudah benar.Terus ikuti solusieasy.co.id, sebab banyak informasi dan artikel seputar software EASY 5 yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa membaca artikel-artikel yang bisa membantu Anda mengoperasikan Easy Accounting System. Tutorial cara instal hingga cara membuat formula produksi bisa dibaca di situs ini.

Easy Accounting System juga mempunyai tutorial dalam bentuk video. Video tutorial ini bisa Anda lihat di channel YouTube resmi Easy Accounting System. Menariknya lagi, Anda juga bisa request tutorial kepada tim kami. Caranya cukup mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini atau di channel YouTube Easy Accounting System.

Cukup sekian tutorial dari kami, semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi Anda pengguna Easy Accounting System. Sampai berjumpa kembali di tutorial-tutorial berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *