Menampilkan Tanggal Pesanan Penjualan di Surat Pengiriman Barang

Kembali bertemu di artikel yang membahas seputar pemakaian software akuntansi Easy Accounting System. Pada kesempatan ini, kami akan mengajak Anda untuk mengulik seputar template. Tepatnya tentang menampilkan tanggal pesanan penjualan di surat pengiriman  barang.

Seperti yang bisa Anda lihat di gambar di bawah ini, di default template DO belum ada tanggal SO. Lalu, misalnya perusahaan Anda butuh tanggal SO di header formulir pengiriman, apakah hal tersebut bisa dilakukan? Jawabannya adalah bisa, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Template Default DO Easy Accounting System

Menampilkan Tanggal SO di Template DO

1. Buka software akuntansi Easy Accounting System kemudian klik Laporan lalu pilih Rancangan Formulir.

2. Pilih Pengiriman Barang kemudian klik 2 kali pada formulirnya.

3. Klik Desain Manual di tab yang ada di bawah.

4. Klik Data kemudian klik tab yang telah dilingkari pada gambar.

5. Tambahkan kata berikut di baris pertama so.SODATE, pastikan tidak ada kesalahan penulisan lalu klik tanda centang berwarna hijau.

6. Copy lalu paste file ‘qryARInvDet’. Ikuti contoh gambar di bawah.

7. Rename pada kolom yang ditunjukkan di nomor 1 dan 2, tuliskan HEADER di kolom-kolom tersebut. Setelah itu, klik Laporan lalu pilih Variabel.

8. Klik di logo folder dengan nama Invoice (kotak nomor 1), kemudian klik tab yang telah diberi kotak nomor 2.

menampilkan tanggal pesanan penjualan - 1

9. Akan muncul variabel baru, rename tulisan yang ada di kolom ekspressi, ganti dengan tulisan yang ditunjukkan di nomor 2 yaitu <HEADER.”SODATE”>.

menampilkan tanggal pesanan penjualan - 2

10. Klik Page 1 kemudian klik tab Text (huruf A di kotak nomor 2). Atur dan geser letaknya kemudian klik Sisipkan Ekspresi seperti yang ditunjukkan di kotak nomor 4.

menampilkan tanggal pesanan penjualan - 3

 

11. Cari lalu klik variabel baru yang yadi dibuat, kemudian klik OK.

menampilkan tanggal pesanan penjualan - 4

menampilkan tanggal pesanan penjualan - 5

 

 

12. Klik kanan pada New Variable1 kemudian Copy dan Paste. Akan muncul New Variable 1 yang tadi disalin, klik dua kali pada file tersebut lalu rename menjadi “Tanggal SO” (lihat gambar).

menampilkan tanggal pesanan penjualan - 6

13. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, jangan lupa untuk menyimpan template tersebut dengan klik logo disket atau Ctrl+S.

Untuk menampilkan tanggal pesanan penjualan di pengiriman barang ini memang butuh langkah yang agak panjang. Untuk itu, Anda harus teliti dalam menjalankan setiap langkahnya. Akan kami lampirkan juga video tutorialnya di bagian akhir artikel ini untuk memudahkan Anda.

Jangan lupa untuk melihat video-video seputar tutorial lain di channel YouTube kami. Dan jangan lupa untuk subscribe channel tersebut. Terima kasih dan sampai bertemu di artikel-artikel lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *