Lock Laporan Tersimpan di Easy System 6

Kembali bersama solusiEASY untuk membahas tip dan trik seputar pemakaian Easy System. Di artikel ini akan dibahas sebuah fitur baru di Easy System 6. Fitur tersebut adalah lock laporan yang berfungsi untuk mengunci tampilan laporan atau variabel laporan dilaporan tersimpan yang telah dimodifikasi sebelumnya oleh administrator. Nah, setelah tahu fungsinya mari kita langsung menuju ke cara untuk pemraktikkannya.

1. Masuk ke Easy System 6 lalu klik Laporan dan pilih Semua Laporan. Pilih laporan yang akan dimodifikasi, sebagai contoh saya akan klik Buku Besar lalu pilih dan klik dua kali Buku Besar Rincian.

2. Klik tab Selected Columns & Filters, di Selected Columns ada beberapa variabel, saya akan mengeditnya sesuai kebutuhan misalnya saya unchecklist Status Saldo lalu saya ceklis Nama. Untuk mengunci variabel-variabel yang ingin ditampilkan dan tidak ditampilkan arahkan dan klik kursor ke variabelnya lalu klik tombol lock dengan gambar gembok. Ikuti contoh gambar di bawah ini.

lock laporan tersimpan - 1

4. Misalnya kita ingin memfilter berdasar Nama dan hanya ingin memunculkan akun kas saja, berikut ini caranya. Klik Nama lalu ubah kolom None menjadi Mengandung Kata lalu ketikkan kas pada kolomnya, klik lock lalu klik OK.

lock laporan tersimpan - 2

5. Akan muncul laporannya dan akan hanya muncul kas IDR saja seperti gambar di bawah ini.

lock laporan tersimpan - 3

6. Setelah itu buat laporan tersimpan, caranya klik Customize di kolom User Privilege kita ceklis semuanya lalu klik Save. Akan muncul laporan yang sudah diatur variabelnya tadi dan tidak bisa diubah oleh user lainnya, lihat gambar berikut.

lock laporan tersimpan - 4

 

8. Sekarang kita buka dan masuk ke Easy System sebagai user. Kita buka laporan tersimpannya, klik Laporan pilih Semua Laporan lalu klik Laporan Tersimpan lalu akan muncul laporan yang kita modifikasi tadi yaitu Buku Besar, klik dua kali.

9. Klik tombol Selected Columns & Filters, variabelnya tidak bisa kita ceklis atau unchecklist karena sudah dikunci dari adminnya.

Demikianlah langkah untuk membuat lock laporan tersimpan di Easy System. Terus ikuti solusieasy.co.id, sebab banyak informasi dan artikel seputar software EASY 6 yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa membaca artikel-artikel yang bisa membantu Anda mengoperasikan Easy Accounting System. Tutorial cara instal hingga cara membuat formula produksi bisa dibaca di situs ini.

Easy Accounting System juga mempunyai tutorial dalam bentuk video. Video tutorial ini bisa Anda lihat di channel YouTube resmi Easy Accounting System atau di bagian akhir video ini. Menariknya lagi, Anda juga bisa request tutorial kepada tim kami. Caranya cukup mudah, ketikkan request Anda di kolom komentar situs ini atau di channel YouTube Easy Accounting System.

Cukup sekian tutorial dari kami, semoga bisa menambah informasi dan bermanfaat bagi Anda pengguna Easy Accounting System. Sampai berjumpa kembali di tutorial-tutorial berikutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *