Langkah Melakukan Konsinyasi Easy Accounting System

Bertemu lagi dengan tutorial dari software akuntansi paling inovatif di Indonesia yaitu Easy Accounting System. Seperti biasa, di sini akan dijelaskan sebuah tip yang pastinya mudah dan berguna untuk semua pengguna software EASY 5. Kali ini tutorial yang akan dibahas adalah cara untuk melakukan konsinyasi Easy Accounting System.

Untuk melakukan konsinyasi di software EASY 5 fitur yang digunakan adalah Multi Gudang. Sedangkan menu yang akan digunakan adalah menu Pindah Barang. Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk konsinyasi di Easy Accounting System? Langsung saja baca caranya di bawah ini.

Fitur Konsinyasi Easy Accounting System

Sebelum menuju tutorialnya, akan dijelaskan secara singkat mengenai definisi dari konsinyasi. Secara singkat, pemahaman yang lazim ditemui di Indonesia mengartikan bahwa konsinyasi adalah titip jual. Pemahaman tersebut tidak salah, tetapi ada definisi lain yang lebih tepat.

Definisi konsinyasi adalah suatu kerjasama penjualan yang dilakukan oleh pemilik barang dengan pihak penyalur atau toko. Pemilik produk biasanya menitipkan barangnya kepada penyalur untuk dijual di toko milik penyalur. Lalu, bagaimana cara melakukan konsinyasi di software akuntansi Easy Accounting System? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama, aktifkan dulu fitur Multi Gudang. Caranya: Klik Alat Bantu lalu pilih Preferensi kemudian klik Fitur, selanjutnya pilih menu Multi Gudang.

2. Setelah itu buat gudang baru, caranya: klik Modul Utama kemudian Persediaan, lalu pilih Gudang lalu klik Baru. Isi dan sesuaikan Nama Gudang, Alamat, Penanggung Jawab, dan Deskripsinya, lalu klik Simpan dan Keluar. Misalnya kita isi nama gudang dengan nama Gudang Konsinyasi.

3. Mulai transaksi dengan menggunakan menu Pindah Barang untuk setiap barang yang kita konsinyasikan. Lakukan seperti gambar di bawah ini.

4.  Lakukan transaksi penjualan seperti biasa. Hanya saja, ketika memilih barang untuk diinput pada Faktur Penjualan, pastikan mengambil barang dari Gudang Konsinyasi yang tadi sudah dibuat.

Dengan melakukan langkah-langkah yang ditunjukkan di atas Anda sudah dapat melakukan konsinyasi di software Easy Accounting System. Selain tutorial ini, masih ada banyak tip dan trik lain yang bisa Anda lihat dan pelajari. Mulai dari cara dispose aktiva hingga cara import transaksi dari Excel tersedia lengkap di situs ini.

Selain berupa artikel, software akuntansi EASY juga punya tutorial video. Silakan kunjungi channel YouTube resmi Easy Accounting System untuk melihatnya. Jangan lupa untuk like dan subscribe video dan channel tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *