Tutorial EASY: Kredit Mobil dengan Uang Muka

Halo, semua pengguna Easy Accounting semuanya. Kembali bertemu dengan tip dan trik seputar software akuntansi EASY. Kali ini kami akan membahas salah satu tutorial di EASY 5. Tutorial yang akan dibahas adalah mengenai pembelian kredit mobil dengan uang muka.

Seperti biasa, tutorial yang kami berikan dijamin mudah untuk langsung Anda praktikkan. Dan dilengkapi dengan gambar di setiap langkahnya akan semakin mempermudah Anda. Jadi, tanpa berlama-lama lagi langsung baca langkah-langkahnya di bawah ini.

Kredit Mobil dengan Uang Muka Memakai Software EASY 5

1. Buka lalu login ke software akuntansi Easy Accounting System, lalu buat data barang terlebih dahulu. Klik Modul Utama lalu pilih Persediaan terakhir pilih Barang.

membuat barang di EASY 5

2. Klik Baru (+) kemudian ikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini. Pastikan kolom-kolom diisi sesuai dengan contoh pada gambar di bawah ini. Untuk pembuatan master data barang ini, kita tidak perlu menulisnya secara spesifik. Satu master data barang dapat mencakup semua transaksi aktiva, contohnya: Mobil, Peralatan Kantor, dan Tanah.

3. Klik Pesanan Pembelian kemudian buat transaksi seperti biasa dan klik Uang Muka, ikuti contoh di bawah ini.

transaksi kredit mobil - 1

4. Setelah masuk ke uang muka, isi tanggal faktur dan besaran uang muka yang akan dibayarkan kemudian klik Bayar Pemasok.

uang muka kredit mobil

5. Setelah klik bayar pemasok otomatis akan masuk ke Pesanan Pembelian. Isi nomor dan tanggal pembayaran, pilih akun bank yang akan digunakan dan terakhir klik Simpan dan Keluar.

6. Klik Faktur Pembelian, pilih Pemasok, isi no faktur dan tanggal, kemudian klik Pesanan dan pilih (centang) transaksi yang akan dibayar lalu klik Ya.

faktur pembelian kredit mobil

7. Setelah tarik pesanan, data sudah otomatis terisi kemudian klik Simpan dan Keluar.

8. Setelah itu menuju ke pembayaran cicilan mobilnya, caranya klik Pembayaran Pembelian lalu isi Pemasok, no dan tanggal pembayaran, dan akun Bank. Klik bayar pada faktur yang kita inginkan dengan cara memberi tanda centang lalu isi besaran cicilan yang akan dibayarkan. Terakhir klik Simpan dan Keluar.

pembayaran cicilan kredit mobil

9. Setelah itu, masukkan aset yang baru dibeli ke dalam daftar Aktiva Tetap. Isi kolom seperti gambar di bawah ini.

10. Masukkan akun pengeluaran sesuai dengan akun pada saat pembuatan master data barang dan jumlah yang sama saat pembelian (nilai sebelum PPN). Tanggal Akuisisi dan Tanggal Penggunaan agar sesuai dengan peraturan pajak diatur mulai dari tanggal 1 sampai 14. Karena jika tanggal 15 sampai 30 penyusutannya diakui pada bulan berikutnya. Jangan lupa untuk klik Simpan dan Keluar.

Demikianlah cara untuk melakukan kredit mobil dengan Easy Accounting System. Kami berharap tutorial ini dapat membantu seluruh pengguna EASY, khususnya Easy Mobile. Di dalam situs ini masih banyak tutorial lain yang sangat berguna untuk semua pengguna EASY. Jadi, ikuti terus situs ini agar selalu mendapatkan info terbaru seputar pemakaian software akuntansi Easy Accounting System.

Tidak hanya sekadar membaca saja, Anda bisa juga meminta sebuah tutorial kepada kami. Caranya sangat mudah, silakan ketik permintaan tutorial Anda di kolom komentar dan kami akan berusaha untuk segera merespon permintaan Anda.

Easy Accounting System juga menyediakan tutorial dalam bentuk video di YouTube. Silakan kunjungi channel YouTube resmi Easy Accounting untuk melihat video tutorial tersebut. Jangan lupa untuk subscribe channel tersebut dan like maupun share video yang terdapat di dalamnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *