Tutorial Input PPh 23 di Easy Accounting System

Hai, pengguna Easy Accounting System. Seperti yang telah Anda ketahui, EASY 5 adalah software akuntansi yang sesuai dengan sistem perpajakan Indonesia. Kali ini solusiEASY akan memberikan Anda tip dan trik seputar pajak di EASY 5. Tutorial yang akan kami berikan adalah cara input PPh 23 dan 21 di EASY 5.

Langkah untuk input ini pastinya mudah untuk dilakukan dan Anda praktikkan. Sebab, Easy Accounting System adalah software yang user friendly. EASY selalu mengedepankan prinsip kemudahan bagi para penggunanya. Sudah tidak sabar untuk mengetahui tutorial input PPh 23? Yuk, langsung baca dan ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

Input PPh 23 dan PPh 21 di EASY 5

1. Langkah pertama untuk melakukan input adalah dengan membuka software EASY 5 lalu menuju ke Jalan Pintas. Buat database terlebih dahulu, caranya dengan klik Master Data lalu pilih Pajak. Kemudian buat pajak apa yang akan Anda input dengan cara klik Baru dan isi semua kolom, setelah selesai klik Simpan dan Keluar. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Input PPh 23 - Langkah 1

2. Setelah langkah di atas selesai Anda tinggal melakukan transaksi yang diinginkan. Kami akan memberikan contoh pada transaksi faktur penjualan. Silakan kembali ke Jalan Pintas lalu klik Faktur Penjualan. Pilih nama Pelanggan, pilih barang dan harga jualnya, setelah selesai klik Simpan dan Keluar.

Input PPh 23 - Langkah 2

3. Kembali ke Jalan Pintas, klik Penerimaan Pembayaran. Pilih nama Pelanggan yang sama, cari faktur yang tadi diinput lalu beri tanda centang di kolom Bayar. Klik kanan di Jumlah Pembayaran, pilih PPh 23. Isi kolom Info PPh 23 lalu klik Simpan. Klik Simpan dan Keluar.

Input PPh 23 - Langkah 3

4. Cek laporan transaksi tersebut, caranya klik Laporan pilih Laporan Pajak, lalu klik Daftar Bukti Potong PPh 23. Akan muncul laporan seperti gambar di bawah ini.

Laporan PPh 23 di EASY 5

Dengan melakukan semua langkah mudah di atas Anda sudah bisa input PPh 23 ke dalam transaksi Anda. Terus ikuti tip seputar Easy Accounting Software hanya di solusieasy.co.id. Cek tip lain di situs ini agar Anda semakin mahir mengoperasikan software akuntansi yang user friendly ini.

Anda juga bisa mengunjungi channel youtube Easy Accounting System jika ingin video melihat tutorial. Jika Anda ingin request tutorial, silakan ketik di kolom komentar. Sampai jumpa di tutorial lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *