Fitur Baru Easy 6: Pembatasan Akun Per Cabang & Per User

Pada kesempatan kali ini solusiEASY akan membahas mengenai salah satu fitur baru Easy 6. Fitur tersebut adalah pembatasan akun per cabang dan per user. Seperti biasa, kami akan membahas bagaimana cara memakai fitur ini. Namun, sebelum ke tutorialnya akan dibahas terlebih dahulu tentang fungsinya.

Pembatasan akun biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki cabang dan memiliki akun sendiri-sendiri di dalam satu database yang sama. Fitur ini memudahkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan akun langsung seperti jurnal umum, penerimaan, dan pembayaran kas. Apalagi divisi akuntansi yang langsung bersinggungan dengan chart of account, fitur ini bisa meminimalisir tingkat human error antar cabang yang saling menggunakan akun cabang lain.

1. Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Easy Branch, cara mengeceknya klik Alat Bantu pilih Preferensi lalu klik Fitur, di situ Anda bisa melihat apakah fitur Easy Branch sudah diceklis atau belum.

2. Atur pengguna di Jakarta dengan cara klik Menu sorot Pengguna lalu pilih Pengguna & Hak Akses. Ubah kolom Masuk Sebagai dan pilih, misalnya User JAKARTA lalu ubah juga kolom Cabang dan pilih JKT lalu Save. Atur pengguna di Bandung dengan cara yang sama, kolom Masuk Sebagai diisi User BANDUNG lalu untuk kolom Cabang pilih BDG dan jangan lupa klik Save. Simak dua gambar di bawah ini.

fitur baru easy 6 - pembatasan akun per cabang & per user 1

fitur baru easy 6 - pembatasan akun per cabang & per user 2

3. Buat akun baru yaitu Kas jakarta kemudian hilangkan ceklis di kolom Semua Pengguna. Setelah itu pilih kolom Cabang dengan Jakarta dan kolom Pengguna dengan User Jakarta. Buat akun baru untuk Kas Bandung dengan langkah yang sama tetapi pilih Cabang Bandung dan User Bandung. Lihat contoh gambar di bawah ini.

fitur baru easy 6 - pembatasan akun per cabang & per user 3

fitur baru easy 6 - pembatasan akun per cabang & per user 4

4. Untuk membuktikan bahwa kas Jakarta tidak bisa dipakai cabang Bandung dan sebaliknya, kita buat sebuah transaksi misalnya di Jurnal Umum.

Demikianlah pembahasan salah satu fitur baru Easy Accounting System versi 6 yaitu pembatasan akun per cabang dan per user. Tutorial ini juga tersedia dalam bentuk video yang akan kami lampirkan di bagian bawah artikel ini. Nantikan pembahasan lain terkait fitur baru Easy 6 lainnya hanya di solusiEASY.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *