Cara Disposal Aktiva Tetap Secara Manual

Halo, pengguna Easy Accounting System semuanya! Kembali bertemu dengan solusi EASY, kali ini kami akan kembali memberi Anda tip dan trik seputar EASY 5. Kali ini kami akan membahas Cara Menggunakan Disposal Aktiva Tetap secara manual.

Sebelum menuju ke tutorial, akan dijelaskan secara singkat apa fungsi Disposal Aktiva Tetap secara manual. Fungsinya yaitu jika terjadi penjualan aktiva tetap dan build atau versi Easy Accounting System yang Anda pakai masih di bawah Build 2093. Mengapa harus dilakukan secara manual? Karena pada build-build sebelum 2093 tidak bisa mendisposal aktiva tetap pada tanggal yang diinginkan, jika umur aktiva tersebut sudah habis. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

1. Langkah pertama buka Modul Utama – Aktiva Tetap – Aktiva Tetap. Lalu klik daftar – hilangkan filter tanggalnya maka akan muncul seluruh daftar aktiva – pilih aktiva yang ingin didisposal.

disposal aktiva - 1

disposal aktiva - 1a

2. Setelah memilih aktiva yang ingin didisposal lalu klik tombol dihentikan di bagian bawah seperti gambar berikut.

disposal aktiva - 2

3. Software Easy 5 yang versinya di bawah 2093, tangggal disposal tidak bisa dipilih pada tanggal aktiva tersebut keluar. Jika umur aktiva sudah habis seperti gambar di atas yang habis pada desember 2016, maka Anda hanya bisa menghentikannya sesuai habisnya umur aktiva tersebut, berikut ini adalah jurnal hasil dari disposal.

4. Jurnal yang terjadi setelah disposal membalik nilai aktiva dan nilai akumulasinya, efek dari jurnal tersebut merubah laporan keuangan kita. Maka kita harus membuat jurnal penyesuaiannya atau jurnal pembalik, untuk transaksi jurnal pembaliknya kita bisa menggunakan modul jurnal umum. Seperti gambar di bawah ini.

5. Jurnal tersebut dilakukan pada tanggal yang sama dengan tanggal setelah kita disposal, agar kita tidak merubah laporan keuangan yang telah kita bentuk. Setelah itu, baru kita bisa menjurnal untuk penjualan aktivanya seperti gambar di bawah ini.

Setelah melakukan langkah-langkah mudah di atas proses disposal aktiva secara manual telah selesai. Semua fitur dan modul di EASY 5 memang user friendly. Jadi, mudah digunakan oleh semua orang, bahkan yang masih awam dengan akuntansi.

Selalu ikuti update terbaru solusiEASY dan baca artikel-artikel lain di sini. Ada banyak artikel informatif untuk Anda pengguna software EASY 5. Tutorial instal, impor transaksi dari Excel, recurring, dan multi cabang lengkap tersedia dalam situs ini.

Anda juga bisa meminta tutorial kepada solusiEASY. Caranya juga sangat mudah, cukup ketikkan request tutorial di kolom komentar. Tim kami akan segera meresponnya dan membuat tutorial tersebut. Sekian dari kami, sampai jumpa di artikel lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *