Cara Input Penyesuaian Barang di Easy Accounting System

Bertemu lagi dengan solusieasy.co.id, situs yang menyediakan beragam informasi dan tutorial software akuntansi Easy Accounting System. Pada kesempatan ini, akan dibahas langkah-langkah untuk melakukan sebuah fitur di EASY 5. Dan yang akan diulas dan dibahas adalah mengenai cara input penyesuaian barang.

Selain tutorialnya, kami juga akan memberi gambaran apa fungsi dari penyesuaian barang ini. Tak perlu berlama-lama lagi, silakan baca dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Tutorial Input Penyesuaian Barang

Sebelum menuju ke tutorial, akan dijelaskan secara singkat apa fungsi dari fitur ini. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengurangan atau penambahan stok persediaan bila terjadi selisih antara stok dalam sistem dan stok yang ada di gudang (Penyesuaian). Setelah tahu fungsinya, langsung saja menuju ke tutorialnya di bawah ini.

Jika ingin melakukan penyesuaian untuk mengurangi stok yang ada di sistem caranya sebagai berikut:

1. Buka software akuntansi EASY 5 kemudian masuk ke Jalan Pintas, setelah itu klik Penyesuaian Barang.

2. Isi No.Penyesuaian, Tanggal Penyesuaian, pilih Akun Penyesuaian, dan isi Deskripsi. Untuk Akun hpp barang rusak, bisa disesuaikan dengan COA yang dimiliki. Lalu, klik 2 kali di tanda panah nomor 2 untuk menentukan barang apa saja yang ingin dikoreksi.  Isi kolom Qty Baru atau di tanda panah nomor 4 untuk nilai saldo qty yang masih tersisa. Sebagai contoh, jika pada Qty saat ini adalah 8 dan barang yang rusak ada 2 maka harus mengisi 6 pada kolom Qty Baru. Setelah itu, kalian bisa tentukan dari gudang yang mana barang tersebut berkurang (jika kalian memiliki lebih dari satu gudang). Lalu klik simpan. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Jika ingin melakukan penyesuaian untuk menambah stok yang ada di sistem caranya seperti berikut.

Isi No.Penyesuaian, Tanggal Penyesuaian, pilih Akun Penyesuaian, dan isi Deskripsi. Akun pendapatan lain-lain bisa disesuaikan coa, lalu klik tanda centang pada tanda panah nomor 2. Setelah itu klik 2 kali di no.barang atau di tanda panah nomor 3, Kemudian harus mengisi kolom Qty Baru atau di tanda panah nomor 4 untuk mengisi nilai saldo qty yang bertambah. Contohnya, jika pada Qty pada saat ini adalah 8 dan barang yang bertambah 2 maka kita harus mengisi 10 pada kolom Qty Baru. Setelah itu, tentukan ke gudang mana barang itu ditambahkan (jika kalian memiliki lebih dari satu gudang). Lalu klik Simpan.

Demikian tutorial dari solusiEASY, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua. Baca juga tutorial lain dalam artikel ini, di antaranya tentang database, import transaksi dari Excel, dan aktiva tetap. Anda juga bisa melihat video tutorialnya di channel YouTube resmi Easy Accounting System. Sekian, sampai jumpa di artikel-artikel yang lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *