Langkah Mudah Backup Database Easy Accounting System

Halo sobat EASY, pada kesempatan kali ini kami ingin menjelaskan ke sobat EASY semua, bagaimana cara untuk backup dan restore database Easy Accounting System yang ada di suatu perusahaan. Tentu Anda sering melihat notifikasi backup database Easy accounting System di bawah ini saat menutup program EASY bukan?

Backup Database Easy - Notifikasi backup

Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin menjelaskan tentang fungsi dari opsi backup tersebut.
Jadi, fungsi dari backup adalah untuk menjaga database pelanggan agar tetap aman dan terjaga. Proses ini merupakan antisipasi jika suatu saat ada hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap database pelanggan.

Contohnya, jika server tempat menyimpan database itu terkena virus ataupun terjadi kerusakan terhadap komputer server yang menyebabkan database customer itu crash ataupun hilang. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena Anda sekalian telah rutin membackup database perusahaan ke tempat penyimpanan ketiga contohnya (Flashdisk, Hardisk, ataupun Cloud/Google Drive, dll).

Berikut ini adalah cara untuk melakukan backup database Easy accounting System. Yang perlu menjadi catatan, langkah berikut adalah untuk backup di komputer server bukan komputer client. Untuk langkah backup di clent akan kami berikan di tutorial berikutnya.

Tutorial Backup Database Easy Accounting System

1. Langkah pertama adalah buka software EASY 5 kemudian klik Menu lalu pilih Backup.

2. Pilih logo browse (titik 3) kemudian silakan pilih lokasi penyimpanan untuk database Anda.

Backup Database Easy - langkah 2

3. Ketikkan nama backup database Anda di kolom File Name, kemudian klik Open.

ackup Database Easy - Langkah 3

4. Klik Ya, tunggu beberapa saat akan muncul notifikasi bahwa backup sukses lalu klik OK.

Backup Database Easy - Langkah 4

Dengan melakukan 4 langkah mudah di atas maka Anda sudah berhasil melakukan backup. Untuk memastikan database Anda, silakan buka lokasi penyimpanan yang telah dipilih dan di situ akan terlihat file database Anda.

cek database Easy

Demikian cara untuk backup database Easy Accounting System. Tutorialnya mudah bukan? Pastinya mudah, sebab Easy Accounting System adalah software akuntansi yang mengutamakan kemudahan bagi penggunanya. Selalu ikuti solusiEASY untuk mendapat update tutorial EASY 5. Sampai jumpa di tutorial lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *