Tutorial EASY: Cara Setting Fitur Anggaran Per Departemen & Per Project

Kembali lagi di solusieasy untuk membahas seputar pemakaian software akuntansi Easy Accounting System. Kali ini akan dibahas sebuah fitur yang baru ada di Easy Accounting System. Fitur tersebut adalah fitur anggaran per departemen dan per project.

Sebelum kita melakukan penginputan anggaran per departemen dan per project akan dijelaskan terlebih dahulu fungsi dari kedua fitur tersebut, kedua fitur tersebut memiliki fungsi yang sama untuk mengetahui laporan hasil akhir dari anggaran/budget yang kita telah tentukan. Juga menyediakan perkiraan pendapatan dan biaya, yakni membangun model bagaimana bisnis dapat berjalan secara finansial jika menjalankan strategi dan rencana tertentu.

Nah, setelah mengetahui apa fungsi dari fitur anggaran per project dan departemen, mari langsung ke cara settingnya di bawah ini.

Fitur Anggaran Per Project & Per Department

1. Langkah pertama kita harus membuat master data Department dan Proyek baru, klik tombol + Baru di bagian bawah dan sekaligus menambahkan nilai anggarannya juga. Seperti gambar di bawah ini:

2. Setelah menentukan nama departemen dan proyek lalu klik tombol anggaran di bagian atas, seperti gambar di bawah ini, dan tentukan akun pendapatan akun biaya dan akun bebannya.

3. Tentukan anggaran atau budget per akun dengan mengubahnya sesuai tahun dan nilai yang telah kita tentukan perbulannya. Setelah itu lakukan penginputan transaksi yang berhubungan dengan penjualan dan biaya-biaya dan masukan nama departemen dan proyek yang kita sudah buat sebelumnya.

4. Setelah menginput transaksi sesuai dengan departemen dan proyeknya masing-masing kalian bisa lihat laporan tersebut di Laporan – semua laporan – laporan departemen/laporan proyek – kalian bisa pilih laporan anggaran seperti gambar di bawah ini.

5. Kalian bisa memilih tiga laporan anggaran yang tersedia di setiap modul departemen dan proyek, berikut laporan-laporan yang tersedia.

Berikut adalah laporan anggaran department – ringkasan:

Laporan anggaran departemen – rincian:

Laporan analisa anggaran departemen:

Langkah-langkah untuk melakukannya di Proyek sama dengan langkah di atas, bedanya hanya pada saat Anda klik Modul Utama lalu pilih Proyek. Pastikan Anda mengikuti semua langkah di atas dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan. Akan kami lampirkan versi video dari tutorial ini untuk mempermudah Anda mencontohnya.

Baca terus situs ini, sebab banyak tutorial lain yang bisa didapatkan seperti cara instal, cara setting Easy Mobile, dan approval. Sekian dari kami dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *